androidvodic.com

Pemerintah Waspadai KLB Flu Burung, Ini Risiko Penularan hingga Gejalanya - News

News - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat ini tengah mewaspadai Kejadian Luar Biasa (KLB) Flu Burung Clade Baru 2.3.4.4b.

Kewaspadaan tersebut muncul lantaran virus flu burung tersebut memiliki kecenderungan zoonosis dan berpotensi menyebar ke manusia.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Nomor PV.03.01/C/824/2023 tentang Kewaspadaan Kejadian Luar Biasa Flu Burung (H5N1) Clade Baru 2.3.4.4b yang ditetapkan pada 24 Februari 2023.

Meski demikian, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa saat ini belum ada laporan penularan flu burung.

“Saat ini memang belum ada laporan penularan ke manusia, tapi kita tetap harus waspada” ungkap Maxi pada Sabtu (25/2/2023), dikutip dari laman Kemkes.

Dalam aturan tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi, kabupaten/Kota dan kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di seluruh indonesia diminta untuk melakukan koordinasi dan kerjasama dengan instansi yang membidangi fungsi kesehatan hewan serta sektor terkait lainnya. 

Baca juga: Minta Dilakukan Vaksinasi H5N1 Jika Penularan Flu Burung Terjadi Antar Manusia

Koordinasi tersebut dilakukan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Flu Burung pada manusia.

Selain itu, sebagai bentuk kewaspadaan juga dilakukan peningkatan pengawasan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri di pelabuhan, bandar udara dan pos lintas batas darat negara.

Sementara, bagi masyarakat diimbau agar selalu melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), melaporkan kepada dinas peternakan apabila ada kematian unggas secara mendadak dan dalam jumlah yang banyak di lingkungannya.

Tak hanya itu, masyarakat juga wajib segera ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala flu burung dan ada riwayat kontak dengan faktor risiko.

Adapun cara penularan dan gejala Flu Burung yakni sebagai berikut:

Baca juga: Temuan Kasus Flu Burung di Kamboja, WHO Selidiki Potensi Penularan dari Manusia ke Manusia

Risiko Penularan Flu Burung

Petugas kesehatan dengan pakaian pelindung memilah bebek setelah strain flu burung H5N8 terdeteksi, di Karuvatta distrik Alapuzha sekitar 90 Km dari Kochi, India pada 6 Januari 2021.
Petugas kesehatan dengan pakaian pelindung memilah bebek setelah strain flu burung H5N8 terdeteksi, di Karuvatta distrik Alapuzha sekitar 90 Km dari Kochi, India pada 6 Januari 2021. (Arunchandra BOSE / AFP)

Dikutip dari laman NHS, flu burung menyebar melalui kontak dekat dengan burung atau unggas yang terinfeksi baik mati maupun hidup.

Berikut beberapa risiko penularan flu burung:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat