androidvodic.com

Empat Cara Cegah Obesitas Pada Anak - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Obesitas dapat terjadi pada semua umur, termasuk anak-anak.

Namun jangan khawatir, setidaknya ada empat cara untuk cegah obesitas pada anak.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Obesitas Merupakan Penyakit yang Dapat Picu Komplikasi

Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis anak dr. Winra Pratita, M.Ked(Ped), SpA(K) dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Langkah pertama, obesitas pada anak dapat dicegah dengan memberi makanan yang sehat.

Makanan yang sehat mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan karbohidrat yang seimbang.

Jangan yang berlebihan dan harus sesuai porsinya.

“Kedua, mengurangi konsumsi gula, dan lebih mengutamakan minum air putih dibandingkan minum minuman-minuman kemasan yang mengandung gula yang tinggi," papar dr Windra lagi.

Baca juga: Obesitas di Indonesia Meningkat Hingga Dua kali Lipat Dalam 10 Tahun Terakhir

Ketiga, sertai aktivitas fisik minimal 30 menit sehari.

Untuk anak bisa dengan cara mengajak bermain.

Keempat, pastikan anak cukup tidur.

Aria Permana, pasien anak obesitas asal Karawang, Jawa Barat, mendapat perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019). Aria Permana, bocah berusia 13 tahun yang bobot tubuhnya pernah mencapai 192 kg dan kini sudah menyusut sekitar 106,5 kg itu akan menjalani operasi tahap pertama yaitu mengangkat kulit bergelambir bagian lengan kanan dan kiri pada Rabu (24/7/2019). Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Aria Permana, pasien anak obesitas asal Karawang, Jawa Barat, mendapat perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019). Aria Permana, bocah berusia 13 tahun yang bobot tubuhnya pernah mencapai 192 kg dan kini sudah menyusut sekitar 106,5 kg itu akan menjalani operasi tahap pertama yaitu mengangkat kulit bergelambir bagian lengan kanan dan kiri pada Rabu (24/7/2019). Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Untuk anak usia 4 – 12 bulan setidaknya tidur 12 – 16 jam, untuk anak usia 1 – 2 tahun tidur 11 – 14 jam, untuk anak usia 3 – 5 tahun tidur 10 – 13 jam, untuk anak 6 – 12 tahun tidur 9 – 12 jam, dan anak remaja usia 13 – 18 tahun itu tidur 8 – 10 jam.

Beberapa cara di atas bisa dilakukan untuk mencegah diabetes.

Dan kalau anak telah alami berat badan berlebih, maka harus dilakukan pemantauan untuk hindari komplikasi.

“Kalau sudah obesitas, yang harus dilakukan adalah perlu pemantauan supaya tidak terjadi komplikasi,” pungkas dr. Winra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat