androidvodic.com

Tips Jaga Ketahanan Fisik Sebelum Ikut Lari Marathon, Pemula Perlu Perhatikan Hal-hal Ini - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) yang telah mereda membuat banyak orang berlomba untuk menerapkan gaya hidup sehat, termasuk rutin melakukan olahraga lari.

Olahraga satu ini memang tidak mengenal usia dan kalangan, karena kini banyak anak muda yang kerap menjadikan lari sebagai salah satu konten di media sosial.

Sedangkan kaum dewasa biasanya menjadikan olahraga satu ini sebagai kegiatan rutin untuk menjaga agar tubuh tetap bugar.

Setelah pandemi mereda, berbagai event perlombaan lari pun kembali diadakan, mulai dari lari 5K, 10K, Half Marathon (HM) hingga Marathon.

Namun jika Anda merupakan seorang pemula, jangan sembarangan untuk mengikuti perlombaan lari ini.

Karena lomba ini biasanya diikuti oleh mereka yang telah terbiasa melakukan latihan, mulai dari jarak pendek hingga jarak jauh.

Coach HOKA Running Club yang juga menjadi official coach untuk event BFI RUN 2023, Andy Sugiyanto mengatakan, mengikuti lomba lari yang memiliki tingkat kesulitas di atas kemampuan kita merupakan tindakan yang berbahaya.

Ia menyarankan agar para pemula tidak asal mengikuti lomba lari, karena ini biasanya hanya diikuti oleh pelari yang telah banyak berlatih.

"Sesuaikan saja dengan tingkat latihannya, karena (jika ikut lomba yang tidak sesuai kemampuan) ini sama saja kayak kita bunuh diri. Banyak kasus sebelumnya yang (akhirnya) pelari meninggal," jelas Coach Andy, dalam konferensi pers BFI Run 2023, Rabu (7/6/2023).

Ia juga menekankan bahwa penting untuk melatih diri dengan berlari pada waktu dan tempat yang memiliki kualitas udara baik.

Baca juga: Ini yang Perlu Diwaspadai oleh Penyandang Obesitas Saat Melakukan Olahraga Lari 

Kualitas udara Jakarta saat ini yang tergolong buruk memang cukup memberikan tantangan tersendiri bagi para pelari yang ingin melakukan latihan.

Coach Andy pun menyarankan agar latihan dilakukan pada pagi hari, saat kualitas udara cenderung lebih baik.

"Olahraga ini kan dilakukan di pagi hari lebih bagus, oksigen langsung dari alam. Tapi sekarang kondisi cuaca memang lagi nggak bagus, makanya olahraga agak pagi, kalau agak siang pasti aktivitas kendaraan banyak," kata Coach Andy.

Baca juga: 6 Manfaat Olahraga Lari: Mencegah Penyakit hingga Meredakan Stres

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat