androidvodic.com

Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita saat Menstruasi, Rajin Ganti Pembalut 4 Jam Sekali - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu 

News, JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan Laurier tahun 2023 menyatakan bahwa frekuensi ganti pembalut selama 4 jam sekali hanya dilakukan oleh 28 persen perempuan Indonesia.

Selebihnya mengganti pembalut di atas 4 jam atau bahkan 11 jam sekali. 

Hal ini dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan reproduksi perempuan seperti infeksi saluran kencing, infeksi saluran reproduksi, iritasi pada kulit, bau tidak sedap dan juga bakteri.

Mengganti pembalut tiap 4 jam sekali saat menstruasi merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan kulit di area vagina dan organ reproduksi.

Baca juga: Saat Haid Banyak yang Pakai Pembalut, Kini Populer Pemakaian Menstrual Cup, Apa Manfaatnya?

Selain, membasuh dari arah depan ke belakang setelah buang air dan menggunakan pakaian dalam berbahan katun. 

Oleh karena itu, Laurier melakukan edukasi pada remaja putri usia sekolah.

Tujuannya agar dapat memiliki kesadaran akan pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dari mulai saat pertama kali mereka memasuki periode menstruasi melalui kampanye GANBATE (Ganti Pembalut Tiap Empat Jam).

"Diharapkan dapat memberikan dampak nyata bagi perempuan-perempuan  Indonesia dalam menjaga kebersihan area vagina terutama ketika menstruasi,"ucap Rosita selaku Associate Vice President Marketing Kao Indonesia yang ditulis Selasa (18/7/2023).

Tidak hanya kampanye GANBATE, sejak tahun 1997 Laurier sudah melakukan edukasi berkelanjutan kepada jutaan remaja perempuan Indonesia di ribuan sekolah di seluruh Indonesia. 

Edukasi dilakukan dengan memberikan informasi dan pengetahuan seputar kesehatan reproduksi khususnya yang terkait dengan menstruasi pada remaja. 

Di tahun 2023 ini Laurier telah mengedukasi 64.758 remaja putri di 398 dan akan kembali menyasar 53.375 remaja putri di 437 sekolah lainnya di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Laurier juga menggandeng Girl Up sebagai Organisasi berskala Internasional binaan United Nations dan United Nations Foundation yang berdedikasi untuk mendukung edukasi, kesehatan, keamanan yang berfokus kepada remaja putri.

 SMPN 2 Petirpun dipilih sebagai representasi sekolah yang menjadi target Kampanye GANBATE.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat