androidvodic.com

Praktisi Kesehatan Ingatkan Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Esensial untuk Tumbuh Kembang si Kecil - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Orangtua dituntut untuk secara serius memperhatikan tumbuh kembang Si Kecil.

Beberapa yang perlu diperhatikan orangtua seperti pertumbuhan dan perkembangan fisik berupa perubahan jumlah sel dan ukuran besar organ, mulai dari tingkat sel hingga terbentuk organ yang lengkap.

Kemudian perkembangan maturasi dan fungsi tubuh seperti perkembangan fungsi intelektual yang bisa dilihat dari kemampuan anak secara simbolik maupun abstrak, seperti berbicara, bermain, berhitung, membaca dan lainnya.

Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K) mengatakan, pertumbuhan dan perkembangan emosional sang buah hati dapat diamati dari perilaku sosial di lingkungannya.

"Untuk tumbuh kembang yang baik, kesehatan anak harus baik dan ditunjang dengan nutrisi, stimulasi, dan lingkungan yang baik pula," kata dr Bernie dalam sebuah talkshow belum lama ini.

Namun, kata dia saat sebagian orangtua belum memahami dimensi tumbuh kembang anak ini.

Mereka menganggap bahwa selama tidak sakit, berarti Si Kecil tidak mengalami masalah kesehatan termasuk tumbuh kembang.

"Kegagalan pertumbuhan dan perkembangan di masa balita dapat berpengaruh pada kehidupannya di masa dewasa. Perkembangan seorang anak dipengaruhi banyak faktor, di antaranya adalah status gizi," kata dr. Bernie.

Disebutkan, status gizi dipengaruhi kebiasaan makan.

Kebiasaan makan yang sehat pada anak penting untuk mencegah keterlambatan pertumbuhan dan masalah gizi akut pada anak yang akan memengaruhi perkembangan anak.

Senada, dr Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals menjelaskan pentingnya pemenuhan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang anak.

Nutrisi merupakan faktor mutlak yang diperlukan tubuh dalam proses tumbuh kembang.

"Anak usia dini atau disebut juga dengan masa prasekolah mulai melatih berbagai gerakan refleks fisik motorik, dan panca indera, sehingga siap untuk menempuh pendidikan di tahap selanjutnya yaitu pendidikan dasar," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat