androidvodic.com

Dokter THT Beberkan Dampak Buruk Penggunaan Earphone Setiap Hari, Gangguan Otak Risiko Paling Parah - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala dan Leher, dr Arne Laksmiasanti, Sp. THT-KL, M. Kes beberkan dampak buruk menggunakan earphone yang berlebihan.

Alat pendengar suara seperti earphone, headphone, dan headset merupakan alat pendengaran yang sering digunakan oleh banyak orang.

Ketiga jenis alat pendengar suara tersebut dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari dan memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan mendengarkan.

Kendati demikian, penggunaan ketiga alat pendengar suara secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan telinga itu sendiri.

Baca juga: Earphone, Headphone, dan Headset, Mana yang Paling Direkomendasikan? Simak Penjelasan Dokter THT

Dilansir melalui YouTube TribunHealth, Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala dan Leher, dr Arne Laksmiasanti, Sp. THT-KL, M. Kes beberkan dampak penggunaan earphone yang berlebihan.

Menurut penjelasan yang disampaikan oleh dr Arne Laksmiasanti, dari ketiga jenis alat pendengaran tersebut yang memiliki risiko paling tinggi terhadap gangguan telinga ialah earphone.

Pasalnya, penggunaan earphone sendiri langsung dimasukkan ke dalam liang telinga, sehingga risiko mengalami gangguan telinga lebih besar dibandingkan penggunaan headset ataupun headphone.

Berikut ini dr Arne Laksmiasanti menuturkan beberapa dampak buruk pada telinga yang dapat terjadi akibat penggunaan earphone terlalu lama atau berlebihan.

1. Infeksi telinga

Penggunaan earphone digunakan dengan cara memasukkan earphone ke dalam liang telinga.

Ketika earphone tersebut digunakan terus menerus, terlebih lagi jika earphone digunakan bergantian dengan teman dapat menimbulkan infeksi pada telinga.

"Jika earphone digunakan bersamaan kemudian tidak dibersihkan setelah digunakan teman, dan ternyata teman tersebut memiliki infeksi telinga, maka dapat menularkan ke teman yang menggunakan earphone bersamaan."

"Jadi bisa menularkan infeksi telinga tersebut," papar dr Arne Laksmiasanti.

Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan earphone tidak digunakan secara bersamaan dan perhatikan juga durasi penggunaan earphone tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat