androidvodic.com

Rasakan Manfaat Program JKN, Elma Imbau Sesama Anak Muda untuk Jalankan Hidup Sehat - News

News, BEKASI - Memiliki tubuh yang sehat dan kuat pastinya menjadi keinginan setiap orang, baik tua maupun muda. Untuk dapat memiliki tubuh yang sehat, setiap orang harus menjalankan pola hidup sehat dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat pula.

Elma (19) adalah peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sangat memedulikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, baik untuk orang lain, terlebih untuk dirinya sendiri.

Ketika ditemui oleh Tim Jamkesnews pada Jumat (04/08/2023), Elma yang masih merupakan mahasiswa aktif ini mengatakan sudah cukup lama terdaftar di Program JKN. Ia pun memiliki pengalaman menggunakan kartu JKN untuk berobat atau mendapatkan pelayanan kesehatan.

Baca juga: Makin Mudah Akses Layanan Program JKN, Kini Berobat Cukup dengan KTP Semua Beres

Ia menceritakan bahwa dirinya pernah diharuskan menjalani operasi amandel, sehingga perlu menjalani perawatan di rumah sakit. Ia pun berbagi pengalamannya dalam mendapatkan kemudahan saat dirawat berkat Program JKN. 

“Saya sebenarnya sudah cukup lama terdaftar dari orang tua yang bekerja, jadi sudah beberapa kali menggunakan untuk berobat ke klinik. Namun pernah waktu itu harus operasi sehingga berkali-kali kontrol ke rumah sakit dan dirawat beberapa hari. Sepengetahuan saya orang tua waktu itu mengurusnya sangat mudah dan dilayani dengan ramah oleh petugas di rumah sakit, termasuk dokter yang memeriksa saya juga sangat ramah dan menjelaskan dengan baik dan rinci. Menurut saya hal itu sangat membantu untuk kesembuhan pasien, jadi sudah cukup baik pelayanannya walaupun saya menggunakan kartu ini,” jelasnya.

Saat berbincang lebih lanjut, Elma menceritakan saat ini ia mempunyai tekad untuk hidup lebih sehat lagi, karena walaupun saat dirawat tidak mengeluarkan biaya sama sekali, tetapi menurutnya sakit itu tidak menyenangkan dan membuat banyak aktivitasnya yang terhambat.

“Semenjak sakit itu saya bertekad untuk hidup lebih sehat. Walaupun saya masih muda tetapi setidaknya menjaga kesehatan dan pola hidup sehat itu sangatlah penting. Karena jika tidak menjaga kesehatan maka tubuh akan gampang terkena virus atau penyakit, sehingga menjadi lebih sering sakit," ujarnya.

Baca juga: Cukup Pakai KTP, Purwani Bisa Akses Layanan JKN yang Sat Set dan Anti Ribet

Dirinya pun menyadari bahwa saat muda adalah saat yang tepat untuk memulai hidup sehat hingga hari tua nanti, sehingga tidak rentan terhadap penyakit seiring dengan bertambahnya usia.

"Kalau dari muda rajin dalam menjaga pola hidup sehat semoga saja ketika sudah tua nanti tidak mudah sakit-sakitan, ya walaupun tidak tahu takdirnya nanti orang itu bakal sakit apa tidak. Tapi, setidaknya menjaga kesehatan di mulai dari usia muda itu sangatlah penting,” jelas Elma.

Ketika ditanya apa harapannya terhadap Program JKN, ia berharap program ini bisa terus berkembang lebih baik lagi dan juga bisa berlangsung lama dalam melayani masyarakat Indonesia.

“Menurut saya program ini sudah sangat baik dan bermanfaat sekali untuk masyarakat, terutama saya yang sudah merasakan langsung. Program-program seperti ini harus terus ada untuk masyarakat, semoga pemerintah juga terus mengembangkan program ini menjadi lebih baik lagi dari saat ini dan juga mengeluarkan program-program lainnya yang juga bermanfaat untuk masyarakat," sebutnya.

Menurutnya program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena banyak keluarganya yang mengandalkan Program JKN dalam mengakses fasilitas kesehatan.

Terakhir, Elma berharap agar iuran yang menjadi kewajiban masyarakat bisa terus hadir dalam harga yang terjangkau, sehingga masyarakat tidak merasa terbebani.

"Untuk iuran saat ini menurut saya terjangkau, semoga juga pemerintah bisa terus menyeimbangkan iuran dengan kemampuan masyarakat sehingga harapannya semuanya bisa dilayani dengan baik dan tidak ada pihak yang terbebani,” tutupnya.(*)

Baca juga: Terbantu Saat Jalani Operasi Usus Buntu, Sri: Program JKN Harus Tetap Ada untuk Masyarakat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat