androidvodic.com

Ibu Hamil Rentan Alami Saraf Kejepit, Ketahui Sebab dan Cara Mencegahnya - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Saat sedang mengandung, ibu hamil rentan alami saraf kejepit.

Banyak penyebab saraf kejepit yang dialami ibu hamil, salah satunya karena Hernia nukleus pulposus (HNP) atau saraf kejepit

Lebih lanjut, Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi, Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital Cibubur dr. Omar Luthfi, Sp.OT (K) Spine bagikan faktor risiko dan cara pencegahannya. 

Menurut dr Omar, ada dua faktor risiko kenapa ibu bisa alami saraf kejepit

Pertama, berat badan. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih diketahui lebih berisiko untuk mengalami saraf kejepit.

Baca juga: Ketahui Penyebab Saraf Kejepit dan Bagaimana Penanganannya 

"Karena berat badan menyebabkan tulang belakang menerima tekanan ekstra," jelasnya pada media briefing oleh RS Eka Hospital di Jakarta, Rabu (25/10/2023). 

Kedua karena faktor genetik. Beberapa orang memiliki keturunan genetik yang dapat meningkatkan risiko untuk mengalami saraf kejepit.

Lebih lanjut dr Omar pun bagikan cara cegah terjadinya nyeri pada punggung ibu hamil

"Paling ideal supaya ibu hamil itu terhindar nyeri punggung bawah paling ideal dipersiapkan sebelum kehamilan," kata dr Omar lagi. 

Pertama, ibu hamil harus latihan otot-otot punggungnya supaya kuat dan menopang berat badan ketika menjalani proses kehamilan. 

Supaya, proses kehamilan lebih nyaman. Beberapa olahraga yang disarankan seperti yoga, pilates hingga terus latihan perut.

"Itu bagus dikerjakan sebelum kehamilan. Agar ketika hamil, bertambah berat badan, tidak mudah terjadi nyeri punggung bawah," jelas dr Omar. 

Ketika sudah hamil , tetap disarankan untuk bergerak. 

Ada senam hamil dan beberapa gerakan yang aman dilakukan. 

"Ada senam kegel, beberapa gerakan yoga bisa dikerjakan. Trainer juga tahu senam yoga ibu hamil, biasanya sudah ada gerakan khususnya," tutupnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat