androidvodic.com

Apa Saja Gejala Flu Singapura saat Menyerang Orang Dewasa? - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Flu Singapura atau biasa disebut Penyakit Tangan Kaki dan Mulut (PTKM) kini banyak menyerang anak-anak Indonesia.

Namun faktanya, flu singapura juga bisa menyeranga pada dewasa.

Mengutip CDC, penyakit tersebut Penyakit Tangan Kaki dan Mulut (PTKM) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh berbagai virus penyebab infeksi pada manusia

Biasanya menyerang bayi dan anak di bawah 5 tahun, terkadang orang dewasa.

Gejala penyakit tangan, kaki, dan mulut baik bagi anak maupun dewasa ternyata sama antara lain demam, luka lepuh yang nyeri di mulut, dan ruam yang mungkin tampak melepuh. 

Penyakit ini biasanya ringan, dan hampir semua orang yang terinfeksi sembuh dalam 7 hingga 10 hari. 

Penyakit tangan, kaki, dan mulut menular melalui kontak pribadi yang erat, seperti berciuman atau berpelukan, batuk dan bersin, kontak dengan feses (kotoran), dan menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus kemudian menempelkan jari ke mata, hidung. atau mulut.

Sampai saat ini, tidak ada vaksin untuk mencegah penyakit tangan, kaki, dan mulut, namun Anda bisa menurunkan risiko tertular.

Baca juga: Anak dengan Down Sindrom Rentan Terkena Sembelit

Berikut cara pencegahan yang bisa dilakukan:

1. Cuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan. 

Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut. Jika perlu menyentuh wajah, pastikan tangan dalam keadaan bersih. 

Tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju (bukan tangan) saat batuk atau bersin. 

Usahakan untuk menghindari kontak dekat, seperti berciuman, berpelukan, atau berbagi. peralatan makan atau gelas bersama orang yang sedang sakit.

2. Disinfeksi permukaan dan barang yang kotor
Jika bisa, cuci terlebih dahulu barang-barang tersebut dengan sabun dan air, kemudian disinfeksi dengan produk pembersih yang mengandung pemutih.

3. Segera Obati saat Sariawan
Minumlah obat yang dijual bebas untuk menghilangkan rasa sakit dan demam. Gunakan obat kumur atau obat semprot yang mematikan rasa sakit di mulut. 

Minumlah banyak cairan agar tetap sakit terhidrasi. Cari perawatan medis jika Anak Anda tidak cukup minum agar tetap terhidrasi.

Gejala tidak membaik setelah 10 hari baik pada dewasa dan anak, segara bawa ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat