androidvodic.com

Rutin Membersihkan Tubuh dan Cuci Tangan Kurangi Potensi Tertular Covid-19 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari 1 tahun ini memang menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat luas.

Terlebih saat ini muncul pula berbagai varian baru seperti Delta yang dianggap lebih mudah dan cepat menular dibandingkan virus pendahulunya.

Lalu langkah apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko terinfeksi Covid-19?

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan bahwa hal penting yang harus dilakukan adalah membersihkan tubuh.

Termasuk di antaranya membersihkan pakaian maupun aksesoris yang melekat pada tubuh selama melakukan aktivitas.

Baca juga: Belajar dari India, Satgas Penanganan COVID-19: Protokol Kesehatan Jangan Longgar

Baca juga: Pentingnya Protein untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

"Yang pertama yang harus dibersihkan itu diri kita ya, seluruh tubuh kita dan seluruh yang melekat di tubuh, termasuk pakaian kita," ujar Daeng, dalam launching gerakan bertajuk 'Keluarga Sehat Indonesia Kuat' yang digelar Dettol dan Reckitt Indonesia, Selasa (31/8/2021).

Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 (freepik)

Namun, organ tubuh utama yang paling penting dibersihkan adalah bagian tangan.

Karena tangan merupakan bagian tubuh yang paling mudah menjangkau seluruh tubuh, termasuk area hidung dan mulut.

"Tetapi memang yang paling disarankan untuk sering dibersihkan adalah tangan kita. Kenapa tangan kita? Karena tangan kita ini adalah anggota tubuh atau bagian tubuh kita yang pada tempat-tempat sulit itu bisa mencapai," kata Daeng.

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin D: Dapat Mendukung Kesehatan Tulang hingga Menurunkan Risiko Diabetes

Maka, menjaga kebersihan tangan bisa dianggap pula mewakili 50 persen upaya seseorang dalam menjaga kebersihan tubuhnya.

"Oleh karena itu, sering membersihkan tangan itu bisa mencapai lebih dari 50 persen upaya membersihkan badan kita," tegas Daeng.

Kendati demikian ia menekankan bahwa untuk mengurangi potensi virus menempel pada tubuh, tentu upaya untuk selalu membersihkan badan harus terus diperhatikan.

"Tapi ingat, badan kita yang lain juga bisa ditempeli oleh penyakit ya, sehingga seluruhnya harus dibersihkan dengan baik," tutur Daeng.

Daeng kemudian menambahkan bahwa untuk mendapatkan hasil yang optimal, membersihkan tubuh tentunya harus menggunakan sabun yang mengandung bahan yang mampu membunuh mikroorganisme atau virus.

"Dibersihkan memakai bantuan bahan bahan yang bisa membunuh mikroorganisme," pungkas Daeng.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat