androidvodic.com

Benarkah Susu Kental Manis Bukan Susu? Berikut Faktanya - News

News - Apakah susu kental manis bukan susu? Sebagian masyarakat di Indonesia masih banyak yang beranggapan bahwa susu kental manis bukan susu. Faktanya, anggapan bahwa susu kental manis bukan susu itu tidaklah tepat. 

Padahal, berkat cita rasanya yang manis, gurih, dan nikmat, produk susu ini kerap digunakan sebagai bahan pelengkap untuk menyempurnakan hidangan menu sarapan tradisional khas Indonesia. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan kalau susu kental manis adalah produk yang mengandung susu dan termasuk ke dalam kategori susu.

Peraturan Kepala (Perka) BPOM Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan dan Codex Alimentarius Commission (CAC) menyatakan, susu kental manis adalah produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu. 

Maka itulah, jangan sampai kamu salah mengira bahwa susu kental manis bukan susu dan membuatmu menjadi ragu untuk melengkapi menu sarapan tradisional dengan susu kental manis. 

Selain itu, sebagai produk olahan susu, susu kental manis juga memiliki berbagai manfaat yang bisa menjadi sumber energi untuk beraktivitas dengan kombinasi pada resep sarapan yang sehat nan bergizi. Sebab, kandungan susu kental manis per sasetnya terdiri dari kalori sebesar 130 kkal, serta dilengkapi dengan zat gizi makro, yakni protein, karbohidrat, dan lemak. 

Baca juga: Stop Keliru Susu Kental Manis Bukan Susu, Ini Penjelasannya

Susu kental manis pun dapat membantu kamu dan keluarga dalam memenuhi kebutuhan kalori harian. Namun, perlu diingat, bahwa susu kental manis bukanlah satu-satunya sumber gizi untuk memenuhi kebutuhan energi. Untuk itu, kamu tetap harus melengkapinya dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya serta aktif berolahraga. 

Tak hanya itu, produk susu ini juga dinilai praktis dan ekonomis karena dibanderol dengan harga yang terjangkau dan mudah didapatkan di mana saja. Kamu bisa memilih jenis kemasan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari kaleng, pouch, dan juga sachet. Karenanya, tak heran produk serbaguna ini sudah menjadi bagian dari kelezatan ragam kuliner di Indonesia. 

Resep Kreasi Pisang dengan Susu Kental Manis untuk sarapan 

Pisang menjadi salah satu buah yang paling banyak disukai dan paling mudah untuk ditemukan dimana saja. Rupanya, buah yang identik dengan warna kuning ini menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin C, B6, mineral magnesium, kalium, potasium, kaya akan antioksidan, dan zat gizi. 

Buah yang mengandung segudang manfaat ini juga akan terasa makin nikmat apabila dipadukan dengan susu kental manis dalam kreasi resep untuk sarapan sehari-hari. 

Nah, berikut adalah beberapa resep kreasi sarapan yang praktis untuk dicoba bersama keluarga. 

1) Pisang Epe Lumpur khas Sulawesi Selatan dengan susu kental manis 

Pisang epe adalah jajanan khas yang berasal dari Sulawesi Selatan. Menu sarapan yang sederhana ini rupanya digemari oleh banyak orang di Sulawesi Selatan. Umumnya, sajian pisang yang satu ini dibuat menggunakan pisang kepok yang sudah masak pohon. Lalu, pisang diolah bersama saus gula merah dan dibakar di atas api arang. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat