androidvodic.com

Lewat Rekam Jejak di Tangsel, Airin Rachmi Diyakini Layak Pimpin Banten - News

Laporan Reporter News,  Reza Deni

News, JAKARTA - Jelang Pilkada Banten 2024, Partai Golkar dinilai sudah berlari lebih dulu usai santer kabar bakal mengusung Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur Banten.

Aktivis mahasiswa asal Pandeglang, Muhammad Sidik, optimistis Airin bisa bicara banyak di Banten, seperti halnya ketika menjabat sebagai Wali Kota Tangerang Selatan.

“Saya yakin betul Ibu Airin bisa membawa Banten menjadi provinsi maju dan terdepan di Indonesia," ujar Sidik dalam keterangan yang diterima, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, untuk melihat apakah Airin layak memimpin Banten, bisa dengan melihat perkembangan Kota Tangerang Selatan sejak 2011 hingga tahun 2021.

Airin merupakan wali kota pertama yang dipilih rakyat sejak berdirinya Kota Tangerang Selatan tahun 2008.

Baca juga: Jika Maju Pilgub Banten 2024, Airin Diminta Punya Visi Kembangkan Kawasan Hunian Layak

"Variabel pertama yang dilihat adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yaitu indeks yang mengukur pencapaian keseluruhan pembangunan nonfisik suatu daerah."

"Terjadi peningkatan IPM selama kepemimpinan Airin berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu di angka 76,99 tahun 2011, menjadi 81,36 di tahun 2020," kata Sidik.

Kedua, pembangunan infrastruktur.

Keberhasilan Airin dapat dilihat dari banyaknya pembangunan infrastruktur dasar warga seperti jalan lingkungan, gedung layanan pemerintah, sekolah, puskesmas, rumah sakit hingga trotoar dan community center.

Ketiga, Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca juga: Tokoh Perempuan Golkar Airin Racmi Diany: Pemerintah Harus Hadir Jawab Kebutuhan Masyarakat

Di bawah kepemimpinan Airin, PAD Kota Tangerang Selatan mengalami lonjakan signifikan dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2011 sebesar Rp420,663 miliar, di tahun 2013 melonjak menjadi Rp728,965 miliar dan tahun 2020 sebesar Rp3,8 triliun.

“Berbekal beragam keberhasilan ini, saya yakin Ibu Airin bisa membuat Banten menjadi semakin baik dan maju. Kita mau Banten jadi provinsi yang membanggakan, maju daerahnya, sejahtera dan bahagia warganya,” tandas Sidik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat