androidvodic.com

Survei indEX soal Elektabilitas Parpol: PDIP Tertinggi, Demokrat dan PSI Alami Peningkatan - News

News, JAKARTA - Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research merilis survei soal elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024.

Dalam temuannya, tercatat PDIP masih tetap unggul dengan elektabilitas mencapai 18,5 persen, disusul oleh Gerindra sebesar 12,0 persen.

"Sedikit perubahan terjadi pada peringkat ketiga, Demokrat menyodok dengan raihan elektabilitas 7,4 persen. Melejitnya elektabilitas Demokrat menggeser Golkar ke peringkat keempat, sebesar 7,1 persen. Seperti halnya PDIP dan Gerindra, tren elektabilitas Golkar cenderung stagnan," ujar Direktur Eksekutif indEX Research, Vivin Sri Wahyuni dalam keterangannya, Kamis (29/12/2022).

Demikian pula dengan PKB, dikatakan Vivin, elektabilitas di angka 6,8 persen.

Sementara itu, Partai Solidaritas Indonesia juga mengalami kenaikan elektabilitas, kini mencapai 6,2 persen.

Hanya PKS yang mengalami penurunan elektabilitas, sekarang tersisa 5,6 persen.

Baca juga: Survei indEX: Elektabilitas Ganjar Teratas, Diikuti Prabowo dan Anies

“Di tengah stagnannya partai-partai politik, Demokrat dan PSI justru mengalami kenaikan tingkat elektabilitas,” ungkap

Menurut Vivin, belum ada peningkatan eskalasi politik yang berarti sepanjang tahun 2022.

"Terbentuknya koalisi partai-partai seperti Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya masih sebatas penjajakan dan upaya untuk konsolidasi," kata dia.

“Dinamika justru terjadi di kalangan partai-partai oposisi, di mana Demokrat dan PKS mengalami fluktuasi naik dan turun,” jelas Vivin.

Sebelumnya PKS yang mengalami lonjakan kenaikan elektabilitas pada survei bulan Juli 2022.

"Rivalitas muncul di antara kubu oposisi, khususnya dalam mendesakkan kepentingan masing-masing untuk menggolkan figur calon wakil presiden yang bakal diusung untuk mendampingi Anies Baswedan," ujarnya

Sejauh ini, baru Nasdem yang secara resmi mendeklarasikan Anies sebagai calon presiden, tetapi koalisi yang digadang-gadang dengan melibatkan Demokrat dan PKS tidak kunjung terealisasi.

“Demokrat dan PKS berharap bisa meraih coattail effect dari pencapresan Anies, karena itu figur cawapres menjadi titik sentral persaingan kedua partai,” tandas Vivin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat