androidvodic.com

Menilik Hubungan SBY-Megawati di Tengah Wacana Pertemuan Puan-AHY, Pernah Perang Dingin 13 Tahun - News

News - Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, sudah menjadwalkan agenda pertemuan dengan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Rencana pertemuan kedua partai ini tentu saja menimbulkan tanda tanya bagi banyak pihak lantaran PDIP dan Demokrat dikenal berseberangan sejak lama.

Terlebih, Ketua Majelis Tinggi Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dikabarkan pernah bersitegang, meski kini tampaknya hubungan mereka sudah membaik.

Juga, kedua partai ini sudah sama-sama memiliki capres masing-masing.

Demokrat yang tergabung di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bersama NasDem dan PKS telah mengusung Anies Baswedan, sedangkan PDIP memilih Ganjar Pranowo.

Terkait rencana pertemuan PDIP dan Demokrat, SBY menyambut positif rencana pertemuan partainya dengan PDIP.

Baca juga: PDIP Tepis Isu Kontrak Politik dengan Ganjar Terkait Posisi Menteri Strategis

SBY menilai setiap pertemuan yang didasari niat baik akan selalu membawa kebaikan.

"Demokrat selalu berpendapat, pertemuan yang berangkat dari niat baik, tujuan yang baik, membahas masalah-masalah bangsa tentu ada gunanya."

"Itu yang dapat saya sampaikan sekarang, ikuti saja perkembangannya nanti."

"Yang jelas pertemuan niat baik dari manapun, siapa dengan siapa, selalu membawa kebaikan," ungkap SBY, dikutip News dari YouTube KompasTV, Senin (12/6/2023).

Pertemuan tersebut dinilai sebagai salah satu upaya berbaikan antara PDIP dan Demokrat.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi, Puan Maharani mengambil peran pencair suasana yang seolah-olah memberikan sindiran.

"Mbak Puan sudah mengambil peran sebagai ice breaker ini 'kan seolah-olah sindiran nih, kalau putra-putri bisa mereka bisa bertemu masak orang tuanya (SBY-Megawati) nggak mau bertemu," ujarnya, Senin.

Lantas, seperti apa perjalanan hubungan SBY dan Megawati?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat