androidvodic.com

Politikus Nasdem Yakin Anies Baswedan Mampu Teruskan Pembangunan Era Jokowi - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Politikus Partai Nasdem, Muhammad Farhan meyakini bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mampu meneruskan pembangunan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terlebih kata dia, beberapa pembangunan infrastruktur juga merupakan amanat konstitusi. Termasuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang merupakan amanat Undang-Undang.

"Pak Anies harus melanjutkan pembangunan infrastruktur yang ekspansif seperti yang dilakukan oleh Pak Jokowi, apalagi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah amanat UU yang harus dipenuhi," kata Farhan, Senin (24/7/2023)

Anggota Komisi I DPR ini mengatakan keberlanjutan pembangunan mesti dibarengi upaya koreksi dari Anies. Misalnya soal kesejahteraan sosial, sebagai contoh sistem PPDB Zonasi yang perlu dilakukan pembenahan karena terjadi ketidakadilan dan kecurangan di masyarakat.

"Bisa mengevaluasi kembali sistem pendidikan nasional dan riset setelah pak Jokowi melakukan perombakan dan terobosan yang tidak memberikan Quick Win. Apalagi PPDB Zonasi memberikan rasa frustasi," ujar dia.

Selain itu, lanjutnya, Anies juga perlu mengupayakan pembenahan di bidang hukum siber. Sebab menurutnya Jokowi belum berhasil membangun ekosistem hukum siber yang memberikan rasa aman kepada warga negara Indonesia.

"Akan ada proses panjang untuk membentuk ekosistem hukum siber yang menciptakan kondusivitas," katanya.

Adapun beberapa kebijakan yang dapat dipertahankan yakni keberhasilan Jokowi dalam kebijakan moneter. Terutama untuk menjaga cadangan devisa hingga pasar komoditas.

Selain itu, jika Anies terpilih, Farhan menyebut perlunya peningkatan realisasi penerimaan pajak yang pada masa Jokowi belum optimal. Caranya, lewat ekstensifikasi pajak yang memiliki dampak insentif bagi dunia usaha.

Kemudian, peningkatan industri manufacturing (hilirisasi) dan ekspor. Sebab pada masa Jokowi dasar-dasar penguatan sektor industri sudah diletakkan.

"Mempertahankan kebijakan Jokowi dalam mengelola sistem perbankan dan industri keuangan dalam negeri yang prudent," kata dia.

"Maka Pak Anies perlu menguatkan," ungkap Farhan

Baca juga: 5 Survei Terbaru Capres 2024: Elektabilitas Prabowo vs Ganjar Bersaing Ketat, Anies Melemah

Sementara terkait sektor pertambangan, Farhan mengatakan jika terpilih jadi presiden nanti, Anies perlu menemukan inovasi baru baik dari sisi teknologi maupun derivatif industri.

"Sehingga menjadikan pertambangan sebagai induk cluster sektor industri baru, seperti start up tech," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat