androidvodic.com

Survei Terbaru Pilkada Pasangkayu, Petahana dapat Perlawanan Ketat - News

News, JAKARTA - Hasil Survei IPSS, sebuah lembaga konsultan politik berbasis di Jakarta,  menempatkan Bakal Calon Bupati Budiansyah unggul sementara dari petahana dengan tingkat keterpilihan mencapai 22,93 persen di Pilkada Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat.

Hasil ini menempatkan eks Kepala Dinas PU Budiansyah unggul dari petahana Yaumil Ambo Djiwa yang memperoleh dukungan sebanyak 14,88 persen. 

Baca juga: Soal Peluang Sandiaga Uno Berkontestasi di Pilkada 2024, PPP: Kami Tak Ingin Dia Jadi Korban

Disusul posisi ketiga Amir Hamzah Adj sebesar 4,74 persen.

Demikian dikatakan Direktur Operasional IPSS Ronny Leonardi saat membacakan hasil survei di Kalibata, Jakarta, Rabu (3/7/2024). 

Baca juga: 3 Caleg Terpilih Berpotensi Mundur Jika Ikut Pilkada 2024: Ada Taj Yasin hingga Atalia Praratya

"Hasilnya suara terbanyak diperoleh oleh tiga calon yaitu Budiyansah  22,93℅ disusul Yaumil Ambo Djiwa
14,88 persen dan calon lain Amir Hamzah Adj sebesar 3,74%," ungkap Ronny.

Dikatakan Ronny, Survei IPSS dilakukan pada tanggal 31 Mei - 6 Juni 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1200 orang yang tersebar di 12 kecamatan dan 67 desa di kabupaten Pasang Kayu, Sulawesi Barat. 

Ada pun pengambilan sample dilakukan secara acak dan proporsional sesuai jumlah DPT pada masing-masing desa. 

"Kami tambahkan juga bahwa persentase responden yang tidak menjawab/tidak tahu masih cukup tinggi yaitu sebanyak 56,34℅,"  ungkap Ronny.

Hasil survey juga menunjukkan bahwa kedekatan dengan masyarakat menjadi kriteria utama yang diinginkan masyarakat dalam memilih pemimpin sebanyak 49.84%, diikuti oleh Jujur dan Bersih dari Korupsi sebanyak 29.6%. 

Sementara itu tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah saat ini menyatakan Tidak Puas sebesar (35.53%), Puas (21.14%), Sangat Puas (1.87%) dan sisanya menjawab tidak tahu.

Dijelaskan Ronny, dengan metodologi yang mereka lakukan, dalam rangka mengontrol kevalidan data responden yang didapatkan dan untuk menjamin data betul-betul tersebar secara proporsional sesuai jumlah DPT maka dilakukan verifikasi dan validasi keaslian data dan crosscheck koordinat lokasi responden yang tercatat di sistem.

"Kami pastikan survei ini dilakukan secara profesional dan bisa dipertanggungjawabkan," pungkas Ronny.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat