androidvodic.com

Banyak Purnawirawan TNI Terjun ke Politik, DPR Ingatkan Komitmen TNI Jaga Netralitas di Pemilu 2024 - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengingatkan pentingnya komitmen TNI menjaga netralitas jelang Pemilu 2024.

Christina menyebut, HUT TNI ke-78 yang mengambil tema 'TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju' harus menjadi momentum yang baik untuk kembali memastikan komitmen netralitas TNI tersebut.

"HUT TNI kali ini tentu istimewa karena bersamaan dengan momentum persiapan Pemilu 2024, maka penting sekali kita ingatkan agar TNI netral, tidak tertarik pada dukung-mendukung kekuatan politik tertentu. TNI harus berada di atas semua kepentingan politik apa pun kecuali politik negara," kata Christina kepada wartawan, Rabu (4/10/2023).

Legislator Partai Golkar itu menegaskan, netralitas TNI pada Pemilu 2024 patut menjadi perhatian karena banyaknya purnawirawan yang terjun ke dunia politik menjelang Pemilu 2024.

Christina khawatir, banyaknya purnawirawan yang terlibat aktif pada kekuatan politik tertentu bisa mengganggu netralitas TNI.

Baca juga: Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI Digelar di Monas, Dimeriahkan Aksi Terjun Payung dan Alutsista

Bagi Christina keputusan tersebut harus diantisipasi agar TNI tetap setia dengan sumpah prajuritnya yang mengutamakan rakyat dan negara daripada partai politik (parpol) atau kepentingan politik kekuasaan apa pun bentuknya.

"Jangan sampai karena kekuatan purnawirawan di antara parpol atau kandidat Capres/Cawapres lalu TNI ikut terseret. Jangan sampai," ucap Christina.

Apalagi menurut catatan Bawaslu RI Indonesia memiliki dimensi Indeks Kerawanan Pemilu 2024, satu diantaranya terkait antisipasi netralitas aparat baik TNI maupun Polri.

Hal lain adalah antisipasi terjadi kerawanan Pemilu seperti kekerasan, kerusuhan berbasis SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) yang bisa melibatkan tokoh-tokoh politik dan pemerintahan.

"Peran TNI akan lebih baik fokus pada upaya menjamin Pemilu berjalan aman dan damai. Dalam sinerginya dengan Polri kami yakin TNI bisa maksimal menjalankan tugas-tugasnya tetapi bukan untuk menjadi alat mobilisasi kekuatan politik," tandas Christina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat