androidvodic.com

Kemenkominfo Minta ASN Jaga Netralitas di Media Sosial Jelang Pemilu 2024 - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas di ruang digital jelang Pemilu 2024 untuk mewujudkan pemilu damai.

"Netralitas aparatur pemerintah dalam dunia digital berdasarkan Surat Keputusan Bersama yang dikeluarkan Kemen PAN-RB Dalam Negeri, BKN, Komisi ASN dan Bawaslu tentang Pedoman pembinaan dan pengawasan netralitas ASN dalam negeri, SKB ini baru saja ditandatangani 22 September 2023 dalam upaya menciptakan pemilu damai," ujar Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Boni Pudjianto.

Baca juga: Semua Parpol Tak Penuhi Keterwakilan 30 Persen Perempuan di Pemilu, PKB Tertinggi

Hal tersebut diungkapkan Boni pada kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada ASN JPT Pratama dan JPT Madya Pemerintah di Provinsi Yogyakarta bertempat di Indoluxe Hotel, Yogyakarta.

Sementara itu, Dosen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Haryatmoko, menambahkan terkait etika komunikasi yang harus dimiliki aparatur sipil negara dalam mewujudkan netralitas di ruang digital dengan mematuhi UU no 5 tahun 2014 tentang ASN.

"Aparatur negara yang melaksanakan kebijakan yang ditetapkan oleh pimpinan instansi pemerintah, harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik," jelasnya.

Aparatur pemerintah juga harus senantiasa netral dalam artian tidak memihak ke salah satu kubu.

Selain itu, tidak boleh terlibat politik praktis dan harus memiliki rekam jejak yang baik, termasuk dalam media sosial.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Pemuda Mahasiswa Nusantara Ganjar Ajak Milenial Tangkal Hoaks

"Harus bijak berkomentar, jangan mudah untuk like, komen, love, agree, share dan tidak condong ke partai politik, agama atau suku tertentu agar pemenuhan hak-hak dasariah setiap warga-negara dijamin," ujarnya.

Kegiatan Literasi Digital untuk ASN JPT Pratama dan JPT Madya Pemerintah di Provinsi Yogyakarta merupakan salah satu upaya literasi digital di sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo.

Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat