androidvodic.com

Prabowo Sebut Papua Masuk Proyeksi Dibuatkannya Sumur Air Bersih: Sebenarnya Air di sana Banyak - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAWA TENGAH - Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Universitas Pertahanan (Unhan), saat ini tengah melakukan program bantuan pembangunan sarana atau sumur bor untuk sumber air bersih di beberapa wilayah di Indonesia.

Kata Prabowo, salah satu wilayah yang masuk dalam proyeksi pembangunan sumur bor itu sendiri ada di Papua.

Hal ini sebagaimana merespons fenomena yang belakangan terjadi, dimana di sebagian wilayah Papua mengalami kekeringan hingga menimbulkan krisis pangan.

"Ya ada (proyeksi pembangunan di Papua). Kita selalu koordinasi dengan pemerintah daerah," kata Prabowo kepada awak media usai meresmikan 16 titik sumur air bersih di Desa Dawuhan, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2023).

Kata dia, kerja tim dari Kementerian Pertahanan dan Unhan melalui Satgas Air adalah merespons jika ada keluhan.

"Biasanya kalau ada permintaan, nanti kita kirim tim survei," tutur dia.

Sejatinya kata mantan Danjen Kopassus itu, air di wilayah Papua melimpah dan banyak, namun yang kurang maksimal yakni cara mengelolanya.

"Papua sebenarnya air nya banyak, tinggal pengelolaannya aja," kata dia.

Prabowo menegaskan, sejatinya pembangunan sumur air bersih di beberapa daerah di Indonesia ini merupakan program yang sedang berjalan di Kemenhan RI.

Adapun salah satu tujuannya adalah untuk menjamin seluruh masyarakat dapat hidup sehat, mengingat air merupakan satu sektor penting dalam hajat hidup masyarakat.

"Jadi memang sudah lama beberapa saya kira asalnya saya ini Ketum HKTI, saya kira sudah 20 tahun yang lalu dan semua kebutuhan dari petani adalah salah satunya air," kata dia.

Baca juga: Resmikan Sumur Air di Banyumas Sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo: Saya Nggak Bisa Minta Dukungan

"Air ini sangat vital, sebetulnya bangsa Indonesia itu airnya banyak tinggal kita harus manage, kita harus kelola dengan baik," tukas Prabowo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat