androidvodic.com

TNI Kerahkan 446.516 Prajurit Darat hingga Udara Amankan Pemilu 2024 - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan pihaknya akan mengerahkan 446.516 prajurit untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Guna mendukung pelaksanaan operasi pengamanan Pemilu, TNI akan mengerahkan personel prajurit TNI sejumlah 446.516 personel," kata Yudo dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Yudo menyebut 446.516 prajurit tersebut berasal dari satuan TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

"Di mana, total seluruh personel tersebut akan dibagi di seluruh tahapan Pemilu yang sudah disusun dan direncanakan oleh KPU," ujarnya.

Menurutnya, para prajurit tersebut nantinya akan tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari pusat hingga daerah.

"Jadi, sejumlah ini nantinya akan tersebar baik di ibu kota maupun di seluruh wilayah Indonesia yang mana di sana ada satuan-satuan TNI, baik Kodam, Korem, Kodim, kemudian Koarmada, maupun Koopsud, dan juga di pangkalan-pangkalan TNI AL maupun TNI AU," jelas Yudo.

Baca juga: Prabowo Puji Jokowi: Tak Pernah Jadi Kopassus, Tapi Keberaniannya Melebihi Jenderal

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Gedung DPR/MPR/DPD RI, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2023).
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Gedung DPR/MPR/DPD RI, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2023). (News/Fersianus Waku)

Selain itu, kata Yudo, TNI juga akan menyiapkan serta menyiagakan alutsista dengan jumlah dan jenis sesuai kebutuhan masing-masing yang akan dituangkan dalam rencana operasi pengamanan Pemilu 

"Jadi, alutsista yang ada selain untuk pengamanan, nanti juga kita siapkan juga untuk mendukung logistik Pemilu," ucapnya.

Sebab, dia menambahkan logistik tersebut akan didistribusikan hingga ke pulau-pulau terluar di Indonesia.

"Karena pasti untuk mendistribusi untuk ke pulau-pulau terluar ini secara rutin setiap Pemilu kita biasanya dilibatkan," imbuh Yudo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat