androidvodic.com

Bawaslu Bakal Panggil Pihak APDESI Hari Ini, Buntut Dugaan Perangkat Desa Beri Dukungan ke Gibran - News

News - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bakal memanggil pihak Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) ke kantor Bawaslu DKI Jakarta pada hari ini, Senin (27/11/2023).

Pihak APDESI akan dimintai keterangan mengenai dugaan pelanggaran Pemilu atas dukungan kepada cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam acara Desa Bersatu yang bertajuk "Silaturahmi Nasional Desa 2023".

Acara tersebut digelar di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Minggu (19/11/2023) yang dihadiri oleh ribuan kepala desa.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja.

"Ini teman-teman Bawaslu DKI sedang bekerja memanggil APDESI. Kalau tidak salah Senin (hari ini) untuk meminta keterangan dari APDESI," ujar Bagja saat ditemui awak media usai Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu di Monas, Minggu (26/11/2023).

Hingga kini pun, Bawaslu masih mendalami dugaan pelanggaran Pemilu berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan para pengawas di tingkat kecamatan dan kota.

Namun, dari pengawasan, dipastikan bahwa Gibran sebagai kontestan Pemilu tak mengajak para perangkat desa, melainkan memenuhi undangan.

Baca juga: Peneliti BRIN: Bawaslu Harus Tegas Usut Dugaan Pelanggaran Netralitas Perangkat Desa

"Kita mendalami informasi temuan. Cawapresnya tidak mengajak. Tapi kalau untuk pelanggarannya kan ada kalimat selanjutnya," kata Bagja.

Sebelumnya, Koordinator Nasional Desa Bersatu, Muhammad Asri Anas telah memberikan penjelasan juga bahwa pihaknya tidak melakukan deklarasi.

"Sebenarnya gini, kalau kita organisasi penggerak desa kan juga ada batasannya misalnya ada regulasi UU Nomor 6, UU Nomor 7. Ada sesuatu di mana kita tidak bisa menyebut deklarasi," ungkapnya.

Ditegaskan Asri, anggotanya dari teman-teman penggerak desa sudah tahu apa yang harus dilakukan.

"Kalau teman-teman penggerak desa ini tahu apa yg dilakukan. Kalau mau memberikan dukungannya penuh kepada capres atau cawapres, tidak harus deklarasi kalau kami mau," kata Asri.

"Yang pasti buat kami adalah teman-teman yang namanya kepala desa, BPD, perangkat desa kalau sudah menyatu rasanya gampang untuk menggerakkan desa," tegasnya.

Penjelasan Gibran

Calon Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming di Indonesia Arena GBK, Minggu (19/11/2023) - Bawaslu bakal memanggil pihak APDESI hari ini, Senin (27/11/2023) ke kantor untuk dimintai klarifikasi soal dukungan perangkat desa ke Gibran.
Calon Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming di Indonesia Arena GBK, Minggu (19/11/2023) - Bawaslu bakal memanggil pihak APDESI hari ini, Senin (27/11/2023) ke kantor untuk dimintai klarifikasi soal dukungan perangkat desa ke Gibran. (News/Rahmat W Nugraha)

Gibran yang hadir dalam acara tersebut memberikan klarifikasinya bahwa dirinya datang ke acara sebagai tamu undangan, bahkan hadir menjelang berakhirnya acara itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat