androidvodic.com

Dilantik Jelang Pemilu 2024, KSAD Maruli Simanjuntak Diharapkan Tak Terpengaruh Tekanan Politik - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar, Christina Aryani, turut merespons pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang kini menjabat Panglima TNI.

Christina menyatakan pelantikan Maruli jelang pemilu 2024 ini menjadi fokus tersendiri karena tentu akan ada singgungan terkait dengan partai.

"KSAD Maruli mendapat amanah baru ini pada momentum jelang Pemilu 2024 yang tentu saja akan banyak bersinggungan dengan tarik-menarik kepentingan politik baik Pileg maupun Pilpres," kata Christina dalam keterangannya, Kamis (30/11/2023).

Atas hal itu, Christina berharap Jenderal Maruli tidak terlibat dalam seluruh praktik politik yang saat ini mulai bergulir.

Baca juga: Jadi KSAD, Maruli Simanjuntak Naik Pangkat Jadi Jenderal TNI, Jokowi Berpesan tentang Netralitas

Termasuk kata dia, soal ada potensi tekanan poltik dari berbagai pihak.

"KSAD yang baru harus mampu menunjukan profesionalitas dan keteguhannya untuk tidak terpengaruh jika ada tekanan politik dari pihak mana pun," kata dia.

Meski demikian, Christina meyakini, dengan rekam jejak dan pengalaman Maruli di TNI, seluruh kekhawatiran itu sejatinya tidak akan terjadi.

Sebab, kata dia, menantu dari Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan itu bisa menjaga komitmen besar dalam menjaga kepentingan negara.

"Kami yakin dengan bekal pengalaman dan kualitas kepemimpinan yang sudah ditunjukkan, TNI AD di bawah kepemimpinan KSAD Maruli akan mampu menjaga netralitas dan komitmennya pada kepentingan negara yang lebih besar," beber dia.

Tak hanya itu, Christina menyebut kepemimpinan Maruli sebagai KSAD juga diharap bisa memberikan pembinaan yang profesional terhadap para prajurit TNI.

"Hal lain kami tetap mendorong agar aspek-aspek pembinaan prajurit tetap menjadi perhatian sehingga prajurit TNI AD makin menunjukan sisi profesionalitasnya serta semakin dicintai rakyat," tukas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Usai pelantikan Maruli mengatakan bahwa Presiden Jokowi memberikan pesan khusus kepadanya agar terus menjaga netralitas TNI khususnya Angkatan Darat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat