androidvodic.com

Timnas AMIN Jelaskan Alasan Anies Janjikan Pembangunan Jalur Kereta Api Saat Berkampanye - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA- Juru Bicara Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), Usamah Abdul Aziz, mengatakan bahwa pembangunan jalan tol yang masif dilakukan di pemerintahan Presiden Joko Widodo harus diimbangi dengan infrastruktur transportasi lainnya.

Menurut Usamah, hal itu yang dilihat dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan, yakni dengan rencana membangun jalur kereta api.

"Justru dengan Pak Jokowi bangun tol yang cukup masif saat ini rasanya kita perlu juga diimbangi dengan jalur kereta api," kata Usamah di rumah pemenangan timnas AMIN di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2023).

Baca juga: Bakal Gandeng Ignasius Jonan, Anies Janji Bangun Jalur Kereta Api di Kalsel

Sebagai informasi, sejak awal pemerintaha Jokowi pada Oktober 2014 hingga tahun ini, panjang jalan tol yang beroperasi di era Jokowi mencapai 1.713,83 km. Jumlah tersebut setara dengan 64,74 persen atau hampir 70% dari total jalan tol yang beroperasi di Indonesia.

Menurut Usamah, apa yang direncanakan Anies adalah upaya melanjutkan tongkat estafet dari pemerintahan sebelumnya dalam sisi infrastruktur transportasi.

"Jadi kalau presiden terdahulu sudah membangun tol yang banyak, mungkin presiden berikutnya  memang kita perlu juga memikirkan jalur kereta api," ujarnya.

Usamah menyebut jika berbicara soal logistik hingga kepastian jadwal keberangkatan serta harga yang terjangkau, maka kereta api adalah jawabannya.

"Dengan harga terjangkau kita bisa berpindah pindah ke beberapa daerah," pungkasnya.

Diketahui, Anies Baswedan, berkomitmen membangun transportasi umum di Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan Selatan.

Transportasi umum yang direncanakan Anies yakni kereta api. Anies ingin menggandeng mantan Dirut KAI Ignasius Jonan membangun jalur kereta api

"Kalau nanti kita melakukan pembangunan kereta api, maka orang pertama yang kami undang adalah Pak Jonan," kata Anies usai menghadiri Desak Anies di Banjarmasin, Selasa (5/12/2023).

Menurutnya, Jonan yang pernah menjabat menteri perhubungan adalah sosok yang berintegritas. 

Baca juga: Hamdan Zoelva Pastikan Anies-Muhaimin akan Batalkan RUU DKJ Jika Menang di Pilpres 2024

Anies optimistis dengan kebijakan yang nantinya dilakukan Jonan, termasuk jalur kereta api di Kalimantan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat