androidvodic.com

TKN Prabowo-Gibran Kumpulkan Aktivis 98 Jelang Debat KPU Bahas HAM - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengumpulkan sejumlah aktivis 98 menjelang debat perdana capres-cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa (12/12/2023) besok.

Sebagaimana diketahui, calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto direncanakan bakal melakukan debat perdana pada Selasa besok. Rencananya, debat itu salah satunya akan membahas isu Hak Asasi Manusia (HAM).

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyampaikan hal ini sekaligus langkah antisipasi karena Prabowo kerap dianggap sebagai sosok pelanggar HAM. Isu tersebut selalu muncul setiap 5 tahun sekali Eks Danjen Kopassus itu ikut Pilpres.

"Yang pasti akan muncul pertanyaan karena setiap 5 tahun sekali setiap Pak Prabowo ikut pilpres karena dikaitkan dengan masa lalu," ujar Nusron dalam konferensi pers di Media Center Prabowo-Gibran, Kebayoran, Jakarta Selatan pada Senin (11/12/2023) sore.

Nusron pun memperkenalkan satu per satu aktivis 98 yang hadir dalam acara tersebut.

Dua orang yang paling anyar adalah aktivis 98 sekaligus Wakil Ketua Dewan Pakar Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko dan aktivis 98 sekaligus Politikus Demokrat, Andi Arief.

"Ada Andi Arif korban penculikan tahun itu sama-sama Budiman di sampingnya," ucapnya.

Selain itu, Ia memperkenalkan adapula aktivis 98 sekaligus Ketua Umum Partai Prima, Agus Jabo, aktivis 98 Natalius Pigai Aktivis 98, Sangap Surbakti dan aktivis 98 Eli Salomo Sinaga.

Selain itu, Nusron juga memperkenalkan aktivis Anti Korupsi, Irma Hutabarat dan aktivis NGO, Rachland Nashidik. Menurutnya, kehadiran mereka bisa menjadi penanda bahwasanya masa lalu Prabowo terkait HAM sudah selesai.

"Itu selalu dikaitkan dengn problem masa lalu yang sudah terkubur dengan baik dan sudah selesai dengan baik terhadap berbagai tokoh," tukasnya.

Baca juga: Peta Kekuatan 3 Capres-Cawapres di Pulau Jawa Menurut Survei Terbaru Litbang Kompas

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kini telah menetapkan secara resmi tema debat capres cawapres Pilpres 2024. 

Tema debat itu diresmikan setelah KPU melakukan rapat tertutup kedua bersama tim pasangan capres cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (6/12/2023). 

Selain menetapkan tema debat, rapat itu juga membahas format debat, panelis, moderator, dan undangan untuk yang hadir dalam debat mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat