androidvodic.com

Wiranto Heran Setiap Pemilu Isu Pelanggaran HAM Selalu Muncul & Diarahkan ke Prajurit TNI - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina TKN Prabowo-Gibran, Wiranto mengaku heran calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, selalu diserang sebagai pelanggar HAM setiap kali kontestasi Pemilu 2024.

Menurutnya, serangan kepada Prabowo hanya sebagai pembunuhan karakter atau character assassination. Tak hanya Prabowo, ia juga diserang karena sebagai atasan Prabowo.

"Saya sendiri juga merasa heran tatkala menjelang pemilu selalu saja dugaan pelanggaran HAM di masa lalu, yang diarahkan kepada para prajurit TNI termasuk saya, Pak Prabowo, selalu saja diungkit-ungkit kembali, dimunculkan kembali, bahkan dijadikan character assasination," ujar Wiranto dalam tayangan video yang ditampilkan di Media Center Prabowo-Gibran, Kebayoran, Jakarta Selatan pada Senin (11/12/2023) sore.

Ia pun mengungkit adanya adatium yang menyebut perbuatan suatu aparat tertentu di masa lalu hanya dapat dinilai dan diukur dengan norma hukum saat itu. Khususnya, situasi politik dan situasi negara pada saat itu.

"Tentunya menjadi tidak relevan, tidak adil, dan tidak benar tatkala keadaan masa lalu dicoba untuk diukur dan dinilai dengan norma hukum, dengan kondisi sospol dengan situasi negara saat ini. Bahkan dijadikan black campaign," katanya.

Wiranto pun mengingatkan ia saat itu menjabat sebagai mantan Panglima TNI yang merupakan atasan Prabowo. Dia pun menjamin setiap hal yang dilakukan prajurit TNI bertumpu pada jiwa sapta marga.

"Saya ingatkan di sini bahwa saya sebagai mantan panglima TNI menjamin bahwa apa yang dilakukan oleh prajurit TNI selalu bertumpu kepada jiwa sapta marga sebagai patriot Indonesia," katanya.

"Yang selalu bela ideologi negara, baik juga sebagai ksatria Indonesia yang selalu bela kejujuran, kebenaran, dan keadilan, karena sejatinya kami ini sudah disumpah sebagai bhayangkari negara. Dan itu tidak pernah kita ingkari," sambungnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kini telah menetapkan secara resmi tema debat capres cawapres Pilpres 2024.

Tema debat itu diresmikan setelah KPU melakukan rapat tertutup kedua bersama tim pasangan capres cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Selain menetapkan tema debat, rapat itu juga membahas format debat, panelis, moderator, dan undangan untuk yang hadir dalam debat mendatang.

Tema debat capres cawapres itu dibuat berselang seling.

“Debat pertama itu nanti adalah porsinya untuk debat capres. Debat kedua adalah debat untuk cawapres. Debat yang ketiga adalah debat untuk capres. Debat keempat adalah debat untuk cawapres. Dan yang kelima atau yang terakhir, itu porsinya untuk debat capres,” kata Hasyim di Kantor KPU RI, Rabu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat