androidvodic.com

Kunjungi Brebes Malam Hari, Ganjar Dapat Keluhan soal Upah Murah hingga UU Cipta Kerja - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, BREBES - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi rumah salah seorang buruh dalam kegiatan kampanyenya di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Brebes, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024) malam.

Ganjar yang mengenakan kemeja panjang putiu tampak hadir didampingi oleh Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wae.

Ganjar yang tiba di lokasi sekitar pukul 19.00 WIB itu pun langsung disambut oleh ribuan buruh yang telah memadati sekitaran lokasi.

Dalam kunjungannya itu, Ganjar mendapat sejumlah keluhan terkait isu-isu ketenagakerjaan seperti persoalan upah murah dan Undang-undang Cipta Kerja (Ciptaker).

Mendapat keluhan tersebut, Ganjar pun memastikan bakal menghadirkan langkah konkret untuk keadilan para buruh hingga mencari kesepakatan dalam UU Ciptaker tersebut.

"Jadi, sebenarnya kecemasan dan kekhawatiran ini mereka yang sampaikan dan mereka berharap betul adanya peran pemerintah untuk bisa memenangi mereka," jelas Ganjar dalam pertemuan tersebut.

Ganjar bahkan mendorong agar para buruh itu memberi masukan tentang regulasi yang nantinya dapat dijadikan bahan pertimbangannya.

Baca juga: Megawati Beri Pernyataan Keras di HUT PDIP, Jokowi Rayakan Hubungan RI-Filipina Bersama Marcos Jr

Sementara itu, Andi Gani menyampaikan ada beberapa poin pihaknya bicarakan dengan Ganjar dalam pertemuan tersebut.

Poin-poin seperti revisi UU Ciptaker, sistem pengupahan yang dikembalikan ke Kehidupan Hidup Layak (KHL), hingga persoalan outsourching yang dibatasi pekerjaan serta batas waktu.

"Kemudian dengan Mas Ganjar buruh juga membicarakan persoalan PHK diperketat dengan aturan yang ketat, pembatasan tenaga kerja asing yang tak miliki keahlian khusus serta berbagai jaminan untuk buruh seperti jaminan perumahan, kesehatan dan pendidikan," ujar Andi Gani.

Baca juga: Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran Masih Kokoh

Tak hanya itu ia pun turut memberi masukan kepada Ganjar menyoal ketenagakerjaan yang akan dijadikan materi debat ke-5 mendatang.

"Saya memberikan masukan perlunya revisi beberapa aturan ketenagakerjaan yang merugikan buruh dalam debat ke-5 nanti," pungkasnya.

Adapun rumah salah satu buruh yang dikunjungi Ganjar itu merupakan rumah seorang pekerja pabrik sepatu bernama Beni Aryono.

Beni juga diketahui selama ini merupakan Ketua KSPSI sekaligus pimpinan aliansi buruh di Kabupaten Brebes

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat