androidvodic.com

Penggiat Kesetaraan Disabilitas Yustitia Arief Bergabung ke dalam Deputi Inklusi TPN Ganjar Mahfud - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Yustitia Arief, seorang penggiat kesetaraan disabilitas bergabung ke dalam bagian deputi inklusi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Diketahui deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud mayoritas anggotanya merupakan wanita yang mempunya pengalaman dan keahlian di bidangnya masing-masing.

Tercatat sekitar enam anggotanya adalah aktivis wanita yang bergerak aktif di berbagai lini isu, mulai dari perempuan, kesetaraan,  demokrasi, lingkungan, dan lain sebagainya.

Yustitia mengatakan, mewakili teman-teman disabilitas, dirinya melihat Ganjar dan Mahfud merupakan sosok yang bersih dan konsisten dalam mengawal langkah demokrasi, hukum, dan keadilan.

“Dari track record saja kita sudah tahu. Saya berjejaring dengan banyak teman-teman di daerah, dan kita tahu sendiri bahwa Pak Ganjar ini sangat terbuka untuk menerima aspirasi teman-teman disabilitas," kata Yustitia dalam keterangannya, Rabu (9/1/2024).

Bahkan, kata wanita dikenal punya track record panjang untuk urusan menyamakan dan memajukan hak-hak penyandang disabilitas menyebut, Ganjar melibatkan teman-teman disabilitas dalam berbagai diskusi, musrenbang, dan sebagainya.

"Sehingga beliau sangat paham bagaimana konteks penghormatan, pelindungan, pemenuhan hak penyandang disabilitas serta sosok yang terbuka menerima aspirasi teman-teman disabilitas,” ungkapnya.

Sementara Mahfud MD, kata dia diyakini dapat melakukan percepatan harmonisasi berbagai kebijakan dan regulasi terkait hak penyandang disabilitas mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

Diketahui Yustitia Arief bersama dengan organisasi yang diinisiasinya bernama Advokasi Inklusi Disabilitas (AUDISI), berhasil mengawal terbitnya beberapa peraturan daerah dan memberdayakan penyandang disabilitas menjadi insan yang produktif dan mandiri.

Beberapa kiprah yang sukses ditorehkan AUDISI adalah mengawal lahirnya Peraturan Daerah (Perda) disabilitas nomor 14 tahun 2019 untuk penyandang disabilitas Provinsi Banten dan Perda disabilitas Tangerang Selatan.

AUDISI juga menginisiasi penyatuan berbagai organisasi disabilitas di wilayah Banten serta berbagai kegiatan lainnya untuk peningkatan kapasitas penyandang disabilitas terutama perempuan dengan disabilitas.

Baca juga: Pendukung Ganjar-Mahfud Pastikan Penyandang Disabilitas Bisa Akses Kesetaraan Hidup

Berbagai pengalaman selama lebih dari satu dekade juga membawa Yustitia sebagai salah satu tim kepresidenan untuk bidang disabilitas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat