androidvodic.com

Instagram Mahfud MD Diretas, Pakar Ungkap Penyebab Akun Centang Biru di Indonesia Rawan Diretas - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Pengamat keamanan siber Pratama Persadha menyebut keamanan pengelola situs atau akun media sosial resmi dari pemerintahan dan akademik di tanah air terlalu rendah.

Hal inilah yang sering menyebabkan situs atau akun media sosial milik pemerintahan dan akademisi disusupi oleh peretas atau bahkan diambil alih kontrol akunnya oleh peretas.

Seperti dalam kasus peretasan instagram milik Menkopolhukam Mahfud MD.

Ia mengatakan, ada beberapa kemungkin yang terjadi sehingga akun centang biru diretas.

Seperti melalui metode phising, dimana email yang dipergunakan untuk login kemungkinan tidak dilengkapi metode 2 Factor Authentication dan operator yang menggunakan email tersebut kurang berhati-hati sehingga jatuh ke dalam jebakan phising yang dikirimkan oleh peretas.

Beberapa jebakan phising yang sering kali digunakan oleh peretas adalah seperti memberikan tawaran iklan, informasi akan dilakukan pemblokiran akun, link yang berisi landing page palsu dan sebagainya.

Karena itu, awarness terhadap keamanan siber dari pengelola situs dan media sosial harus menyadari bahwa pola peretasan sekarang sudah mulai bergeser.

"Sebelumnya peretas melakukan aksinya untuk mendapatkan ketenaran, saat ini peretas melakukan aksinya untuk alasan finansial," ujar dia saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Banyak peretasan situs serta sosial media berusaha menembus pertahanan keamanan situs serta sosial media yang ditargetkan.

Saat situs serta media sosial berhasil didapatkan shell account atau data credential maka peretas dapat menjual data kepada pihak lain.

"Apalagi jika shell account atau data credential nya adalah dari situs resmi pemerintahan atau orang populer dengan jumlah pengikut yang besar, maka harga yang ditawarkan akan lebih tinggi dari akun biasa," jelas Pratama.

Lalu bagaimana tips untuk menghindarinya?

Baca juga: NasDem Telusuri Alasan Videotron Anies Tiba-tiba Diturunkan

Ia mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh individu supaya  terhindar dari penipuan dan serangan siber.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat