androidvodic.com

KPU Pastikan Tak Ada Perubahan Format dalam Debat Capres Terakhir, Tetap Ada Penonton di Lokasi - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) Hasyim Asy'ari memastikan kalau debat capres terakhir yang akan digelar, Minggu (4/2/2024) mendatang tak ada perubahan format.

Dalam artian kata dia, seluruh pasangan capres-cawapres tetap diperbolehkan membawa pasukannya sebanyak 75 orang ke arena debat.

Baca juga: Etika Gibran jadi Sorotan dalam Debat Cawapres, Zulhas: Dia Sangat Santun

Pernyataan itu disampaikan Hasyim seraya merespons soal adanya wacana kalau para pendukung dan kubu paslon tidak bisa hadir ke lokasi.

"Format debat termasuk penyelenggaranya tetap, tetap ada tim pasangan calon yang jumlahnya 75 orang, jadi tetap," kata Hasyim kepada awak media saat ditemui di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Bawaslu Usul Debat Capres Terakhir Tanpa Penonton, Pakar: Idealnya Ada Penonton

Adapun usulan debat tanpa penonton itu disampaikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang menilai debat keempat yang digelar pada Minggu (21/1/2024) lalu masih belum kondusif akibat sorakan penonton dan dinilai mengakibatkan cawapres tidak bisa berkonsentrasi.

Hasyim Asy’ari sebelumnya mengatakan, bakal mempertimbangkan dan membahas usulan Bawaslu tersebut.

“Nanti juga kita bicarakan ya usulan seperti ini,” katanya di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2024).

Kendati demikian, Hasyim mengatakan jika usulan Bawaslu tersebut langsung direalisasikan pada debat terakhir, maka dikhawatirkan akan menimbulkan pertanyaan.

Seperti diketahui, sejak debat pertama hingga keempat, KPU selalu menerapkan aturan terkait tiap pasangan calon diperkenankan untuk mengajak 75 orang yang tergabung dalam tim pendukung.

“Jadi kalau misalkan sudah terpola sampai dengan debat keempat, tiba-tiba debat kelima dihilang kan pasti jadi pertanyaan,” ujar Hasyim.

Hasyim pun turut mengungkapkan pihaknya belum memutuskan tanggal pasti terkait rapat evaluasi debat cawapres Pilpres 2024.

Hasyim pun berjanji KPU bakal merumuskan catatan-catatan pentingnya penyelenggaraan debat selanjutnya.

Baca juga: Pengamat Nilai Debat Cawapres Pertontonkan Antara Strategi Komunikasi Suportif, Defensif dan Gimik

“Nanti pertemuan ketiga kan gabungan ya antara KPU, tim paslon, dan juga tim TV penyelenggara supaya kemudian hasil evaluasinya komprehensif untuk perbaikan debat yang terakhir,” kata Hasyim.

“Nanti ada saatnya kalau sudah ada evaluasi akan disampaikan perkembangan hasil evaluasi,” sambungnya.

Sebagai informasi, debat kelima mendatang merupakan debat terakhir yang digelar KPU, yakni pada 4 Februari 2024.

Sementara, tema debat yang diangkat, yakni kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat