androidvodic.com

Kampanye di Jogja, Cak Imin Ungkit Cerita Gus Dur dan Kirun - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, YOGYAKARTA - Pelawak sekaligus seniman tradisional Indonesia, Syakirun atau Kirun turut ikut dalam Rapat Umum Rakyat Jogja di Purawisata, Yogyakarta yang dihadiri oleh calon wakil presiden (cawapres) 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin

Dalam sambutannya, Cak Imin berbagi sedikit cerita tentang pria kelahiran Madiun, Jawa Timur itu di hadapan ratusan warga yang hadir. 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan kaidah yang merupakan patokan organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) ialah Al-muhafadhotu 'ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah.

"Menjaga semua yang baik dan mengambil yang baru yang lebih baik. Al-muhafadhotu itu memelihara menjaga yang lama yang baik-baik," ujar Cak imin, Senin (29/1/2024).

Salah satu tokoh NU yang memegang teguh kaidah itu salah satunya adalah Kirun. Pria kelahiran 12 Agustus 1959 itu disebut Cak Imin terus menjaga tradisi dan kekuatan NU. 

"Nah, ini pak Syakirun ini asli NU. Menjaga tradisi, menjaga kekuatan NU," ujarnya. 

Ia pun lanjut bercerita jauh ke belakang ketika PKB berdiri.

Kala itu Kirun melontarkan pertanyaan kepada Presiden ke-4 Indonesia, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) soal kekhawatirannya untuk bergabung dalam partai. 

"Dulu waktu mendirikan PKB, pak Kirun ini tanya sama Gus Dur. 'Gus kalau saya masuk PKB saya nanti enggak ditanggap partai lain'," cerita Cak Imin 

"Pak Kirun dijawab sama Gus Dur 'pokoknya kamu istiqomah di PKB insyaallah kowe sugih melebihi tanggapannya wong liyo'. Sampai sekarang alhamdulillah sugih dan lewih sugih meneh nek amin menang nanti," sambungnya.

Baca juga: Momen Ganjar Pranowo Janjikan Pendidikan Gratis Saat Kampanye Hajatan Rakyat di Yogyakarta

Sebagai informasi, agenda hari ini merupakan bagian dari safari politik dalam kampanye akbar Cak Imin. Ia tutur didampingi oleh Co-Captain Tim Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong, Assisten coach Timnas (AMIN) Jazilul Fawaid, dan Ketua DPW PKB sekaligus Ketua TPD Pemenangan Amin DIY Agus Sulistiyono. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat