androidvodic.com

Debat Final Pilpres Dinilai Antiklimaks dan Cenderung Kalem, Pengamat: Jaga Konten Setelah Debat - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA- Analis politik dan Direktur Eksekutif, Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, menilai debat terakhir Pilpres 2024 pada Minggu (4/2/2024) malam, antiklimaks sebagai debat pamungkas yang ditunggu-tunggu oleh publik. 

Menurutnya, debat terakhir cenderung terlihat kalem, kering, dan datar.

Dalam debat tersebut memang calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan dan calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyinggung soal isu bansos.

Baca juga: Setelah Debat Terakhir Pilpres, Ganjar Safari Politik ke Jawa Barat, Mahfud di Jawa Timur

Arifki menilai tampaknya debat tidak memanas karena tidak terjadi dialog atau debat yang bisa menjadi konten negatif.

Satu-satunya yang bisa diambil dalam debat terakhir, kapitalisasi terhadap gagasan masing-masing capres.

"Tema debat terakhir Pilpres lebih ringan dibandingkan debat sebelumnya. Tetapi, para capres terlihat lebih berhati-hati menjalankan debat. Sepertinya, para capres lebih menjaga konten yang keluar pasca debat. Apalagi pemilihan tinggal beberapa hari lagi," ujar Arifki dalam pesan yang diterima Tribunnews, Senin (5/2/2024).

Pada debat sebelumnya, debat antara Anies dan Prabowo lebih menarik perhatian publik. 

Semalam, Arifki melihat pada debat terakhir debat tersebut terjadi antara Ganjar dan Prabowo. Hal ini terkait isu makan siang gratis dan internet gratis.

Sedangkan Anies lebih sering mengulas soal bansos

Komentar Anies ini terlihat lebih menyerang Jokowi dibandingkan Prabowo. 

"Makanya, tidak terjadi debat panas antara Anies dan Prabowo didebat terakhir, karena isu yang dilempar Anies lebih kepada positioning politiknya dengan pemerintahan Jokowi," ujarnya

"Debat terakhir memang sedikit mengecewakan pendukung Paslon yang fanatik, karena tidak ada bahan atau konten yang terlalu menyerang. Terpenting, pada debat terakhir ini kita melihat tiga Paslon lebih fokus pada gagasan yang mereka tawarkan untuk menarik hati pemilih," pungkasnya.

Bahas isu bansos

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menjelaskan alasannya menanyakan soal bantuan sosial (bansos) kepada Anies Baswedan, dalam debat kelima, Minggu (4/2/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat