androidvodic.com

KPU Tegaskan Data Penghitungan Suara di TPS Bisa Diakses Publik - News

Laporan wartawan News, Glery Lazuardi

News, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa publik dapat mengakses data hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah diunggah pada aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI, Betty Epsilon Idroos di Jakarta, pada Sabtu (10/02).

"Tentu saja, data penghitungan tersebut bisa dilihat publik. Sirekap dapat diakses melalui infopemilu.kpu.go.id," ujar Betty.

Sebelumnya, aplikasi Sirekap Pemilu 2024 sempat menjadi sorotan publik. Pasalnya beredar isu bahwa hasil penghitungan suara di TPS tak bisa diakses publik, yang justru dianggap memundurkan proses demokrasi.

Betty juga menjelaskan bahwa aplikasi Sirekap hanya alat bantu penghitungan saja, bukan merupakan hasil resmi Pemilu.

"Sirekap adalah alat bantu untuk penghitungan suara di TPS. Sekali lagi, hanya alat bantu untuk merekam bukti dokumentasi C plano guna disampaikan ke publik melalui kanal KPU," jelas komisioner KPU ini.

Baca juga: Jokowi Temui Gibran di Hotel Seberang GBK usai Kampanye Akbar, Ada 2 Sosok Mungil Diajaknya

Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos (tengah) dalam konferensi pers di Media Center KPU RI, Jakarta, Kamis (22/6/2023).
Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos (tengah) dalam konferensi pers di Media Center KPU RI, Jakarta, Kamis (22/6/2023). (Mario Sumampow)

Sementara, hasil resmi Pemilu adalah penghitungan yang dilakukan berjenjang dari TPS hingga KPU RI, dan disaksikan oleh para saksi serta pengawas.

"Yang menjadi hasil resmi tetap penghitungan berjenjang dari TPS, direkap PPK, KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi, sampai KPU pusat yang dihadiri oleh saksi dan pengawas," sambungnya.

Baca juga: Rincian Dana Operasional TPS Pemilu 2024: Pembuatan TPS, Beli Pulsa, hingga Konsumsi KPPS

Dalam kerjanya, Betty menerangkan, aplikasi Sirekap ini terdiri dari dua jenis, yaitu Sirekap Mobile dan Web. Pada setiap TPS, akan ada 2 orang petugas KPPS yang ditugasi "user" Sirekap.

Mereka bertugas mengunggah formulir C1 plano hasil penghitungan suara di TPS tersebut ke dalam Sirekap melalui gawai masing-masing pada aplikasi Sirekap mobile berbasis Android.

"Petugas KPPS memotret C1 plano di TPS dan memotret semua dokumen hasil yang dihitung KPPS dengan disaksikan para saksi dan pengawas, langsung diunggah, diverifikasi, dan dikirim ke server KPU," kata Betty.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat