androidvodic.com

Jumlah Petugas Pemilu Meninggal Dunia pada 2024 Turun Dibanding 2019, Ini Kata Menkes RI - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin merespons soal jumlah petugas pemilu 2024 yang meninggal dunia termasuk para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Dimana dalam catatan pemerintah, jumlah petugas yang meninggal pada pemilu ini jauh menurun jika dibandingkan pada Pemilu 2019.

Kata Budi Gunadi, pada 2019 pemerintah mencatat ada lebih 500 petugas pemilu yang meninggal dunia, sementara pada pemilu ini 84 orang.

"Jadi, totalnya ada 84 (orang meninggal dunia) itu kisarannya 16 persen dari pemilu yang sebelumnya. jadi memang terjadi penurunan yang sangat drastis dari jumlah petugas pemilu yang wafat dibandingkan pemilu yang sebelumnya," kata Budi Gunadi saat jumpa pers di Kantor Kemenkes RI, Senin (19/2/2024).

Meski jumlah tersebut menurun, namun Budi Gunadi memiliki harapan agar tidak ada lagi masyarakat Indonesia meninggal dunia dengan alasan bekerja sebagai petugas demokrasi.

Dia lantas menganalogikan kalau satu nyawa setiap petugas pemilu itu berarti, sehingga, harapannya tidak ada lagi yang meninggal dunia untuk urusan pemilu.

"Kami pemerintah, khususnya kami di Kementerian Kesehatan melihat satu nyawa saja buat kami sudah sangat banyak. ada banyak masyarakat yang berduka," kata dia.

Atas hal itu, pemerintah kata Budi Gunadi, akan terus memikirkan bergaram upaya agar proses pemilu mendatang tidak lagi memakan korban meninggal dunia.

Baca juga: Data Real Count KPU: Grace Natalie Kuasai Dapil Jakarta III, Kalahkan Ahmad Sahroni dan Erwin Aksa

Menurut dia, jumlah yang sudah turun sebanyak 80 persen pada pemilu kali ini, harus ditambah lagi pada pemilu mendatang.

"Jadi, kami berpikir bagaimana caranya untuk terus berpikir hingga turun 80 persenan lebih, bisa ga kita turun lebih banyak lagi kalau bisa tidak ada yang meninggal karena nyawa itu terlalu berharga," kata dia.

Salah satu upayanya yakni kata dia, dengan melakukan screening kesehatan secara baik kepada para masyarakat calon petugas pemilu.

"Itu langkah pertama pencegahan yang kami ingin lakukan agar mereka benar-benar saat nanti jadi petugas itu kondisinya sehat, sehingga kita bisa kalau bisa meng-nol-kan jumlah ini petugas yang meninggal" tukas Budi Gunadi.

KPU: Petugas Pemilu Meninggal 71 Orang, Pengamanan 24 Orang

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan ke media bahwa petugas pemilu meninggal dunia selama Pemilu 2024, baik dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga tempat pemungutan suara (TPS) hingga 18 Februari 2924 mencapai 71 orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat