androidvodic.com

Pimpinan DPR Singgung Etika Politik Siap Kalah dan Siap Menang saat Buka Rapat Paripurna - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan para peserta Pemilu 2024 meminta para peserta pemilu untuk siap kalah maupun siap menang.

Baginya, etika politik harus dijunjung tinggi dalam pelaksanaan pemilu.

Baca juga: PDIP Sebut Anggota DPR RI Tak Ada Taringnya Jika Tidak Berani Gulirkan Hak Angket dan Interpelasi

Hal tersebut disampaikan Dasco saat membacakan pidato Ketua DPR RI saat Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan IV Tahun 2023-2024 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/4/2024). 

Adapun pernyataan itu merupakan pidato Ketua DPR RI yang dibacakan oleh Dasco. Sebab, Ketua DPR RI, Puan Maharani tidak hadir alias absen dalam rapat paripurna kali ini.

Baca juga: Di Rapat Paripurna, Fraksi PKS Dorong DPR Gunakan Hak Angket Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

Mulanya, Dasco menyampaikan bahwa tahapan Pemilu 2024 membutuhkan komitmen semua pihak untuk menjalankan pemilu sesuai amanat konstitusi. Yakni, pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

"Yang terpenting bagi kita semua adalah kekuasaan negara harus dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan rakyat menggunakan kedaulatan hak suaranya secara bebas," kata Dasco.

Karena itu, Dasco menilai pemilu yang sebagai kompetisi ini harus diwarnai setiap pesertanya untuk siap dan kalah maupun menang. Di sisi lain, penyelenggara pemilu juga harus jujur dan adil.

"Kita dituntut untuk memiliki etika politik untuk siap kalah dan siap menang; akan tetapi pada saat yang bersamaan etika politik yang sama juga dituntut untuk dimiliki bagi penyelenggaraan pemilu yang bebas, jujur dan adil," katanya.

Oleh karena itu, kata Dasco, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab semua, untuk menciptakan Pemilu, sebagai prosedur demokrasi, yang harus berada dalam budaya politik yang semakin maju.

Baca juga: Di Rapat Paripurna, Fraksi PKS Dorong DPR Gunakan Hak Angket Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

"DPR RI mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak pilihnya secara aktif pada tanggal 14 Februari yang lalu; dan tetap menjaga ketertiban dan persatuan Indonesia; Walaupun Pilihan Rakyat berbeda-beda, tetapi untuk bangsa dan negara, hanya ada Merah Putih, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dan Bhineka Tunggal Ika," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat