androidvodic.com

Bukan Karena Kapasitas, Erina Dinilai Berpeluang Maju Pilkada Karena Jokowi, Bakal Diusung Gerindra? - News

News - Nama menantu ketiga Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono disebut-sebut masuk dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Sleman.

Erina digadang-gadang menjadi kandidat Bupati Sleman dalam Pilkada 2024.

Nama istri putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep itu didorong oleh kader internal partai besutan calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, yakni Gerindra.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPC Gerindra Sleman, HR Sukaptana.

Namun, hingga saat ini, Erina belum mengonfirmasi kabar tersebut.

"Iya (Erina Gudono) masuk. Saya kan dari DPC, nah DPC itu kan sesuai tingkatnya, DPC nanti kami laporan DPD. Nah, DPP itu punya wacana juga, misalkan nama Mbak Erina Gudono dimasukan dalam bursa tersebut," jelasnya.

Menanggapi isu yang mencuat itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, Erina berpeluang menjadi calon Bupati Sleman bukan karena kapasitasnya sendiri.

Melainkan, karena adanya akses kekuasaan dari mertuanya, yakni Presiden Jokowi.

"Peluang semua keluarga Jokowi sangat besar, bukan karena kapasitas tetapi karena akses kekuasaan," kata Dedi kepada News, Minggu (10/3/2024).

Dedi lantas mencontohkan, ketika putra sulung Presiden Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka diloloskan sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024 dengan mengubah aturan melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

Lalu, kata Dedi, saat ini ditambah lagi ada isu dugaan penggelembungan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dipimpin oleh putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Baca juga: Profil Erina Gudono, Menantu Jokowi yang Dinilai Berpeluang Jadi Calon Bupati Sleman

"Dari semua catatan itu, andai cucu Jokowi diajukan sebagai kepala daerah sekalipun, peluangnya besar," ucap Dedi.

Untuk diketahui, nama-nama lain dari kader internal Gerindra yang dimunculkan dalam bursa Pilkada Sleman, ada Lisman Pujakusuma, Danang Wicaksana Sulistya, dan termasuk HR Sukaptana.

"Iya, (nama-nama itu) masih dalam penjajakan dulu semua," terang Sukaptana.

Bakal Diusung Gerindra di Pilkada Sleman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat