androidvodic.com

Tak Libatkan Masyarakat dalam Perbaikan Data DPS, PPLN Kuala Lumpur Hanya Minta Masukan ke Parpol - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebut panitia PPLN Kuala Lumpur tak libatkan masyarakat dalam tahap perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Hal tersebut berdasarkan dakwaan JPU terhadap tujuh terdakwa kasus dugaan tindak pidana pemilu itu, dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, pada Rabu (13/3/202).

Baca juga: 7 PPLN Kuala Lumpur Didakwa Melakukan Pemalsuan Data Daftar Pemilih Pemilu 2024

Jaksa mengungkapkan, PPLN Kuala Lumpur (KL) hanya mengumumkan data DPS melalui media sosial Facebook. Sehingga, tidak didapatkannya masukan dari masyarakat terhadap daftar pemilih sementara itu.

Hal tersebut dinilai bertentangan dengan Pasal 67 ayat (1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 7 Tahun 2022.

"Bahwa setelah PPLN KL menetapkan DPS, seharusnya PPLN mengumumkan Data
DPS tersebut di Kantor Perwakilan Republik Indonesia selama 14 hari untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat sebagaimana diatur dalam Pasal 67 ayat (1) PKPU Nomor 7 Tahun 2022, akan tetapi PPLN hanya mengumumkan data DPS tersebut di story dan feed Facebook, sehingga tidak ada masukan dan tanggapan dari masyarakat," kata JPU, membacakan surat dakwaan, Rabu ini.

Baca juga: Jadi Tahanan Kota, Tersangka PPLN Kuala Lumpur Disidang Pekan Depan

Lebih-lebih, Jaksa menuturkan, perbaikan DPS yang dilakukan PPLN Kuala Lumpur hanya mendapat masukan dari sejumlah perwakilan partai politik (parpol), yang bahkan tidak berdasarkan data-data yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Bahwa tahap selanjutnya adalah PPLN KL melakukan perbaikan data DPS, namun PPLN KL melakukan perbaikan DPS hanya didasarkan pada masukan dan partai politik yang tidak berdasarkan data yang valid, yang seharusnya menunjukkan
dan menyerahkan salinan KTP-el, KK, Paspor atau Surat Perjalanar Laksana Paspor dari Pemilih yang informasinya diusulkan untuk diperbaiki, serta mengisi formulir Model A-Tanggapan LN, sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 68 ayat (3) PKPU Nomor 7 Tahun 2022," jelas Jaksa Penuntut Umum.

Data DPS hasil perbaikan itu, katanya, oleh terdakwa III yang merupakan anggota PPLN KL Divisi Data dan Informasi Terdakwa III Dicky Saputra yang dibantu oleh Fajar melanjutkan proses sinkronisasi tanpa melakukan verifikasi kepada pemililh yang informasinya diusulkan dalam masukan dan
tanggapan tersebut.

Jaksa menilai, hal itu bertentangan dengan ketentuan Pasal 68 ayat (4) PKPU Nomor 7
Tahun 2022. Namun, pada tanggal 12 Mei 2023, data hasil perbaikan itu ditetapkan melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

"Sehingga jumlah DPS yang ditetapkan menjadi
DPSHP sebanyak 442.526 pemilih," kata Jaksa.

 
Lebih rinci, jumlah DPSHP PPLN Kuala Lumpur itu sebagai berikut:
1. TPS-LN berjumlah 438.665;
2. Kotak Suara Keliling berjumlah 525;
3. POS berjumlah 3.336;
Jumlah 442.526 pemilih

Selanjutnya, DPSHP yang sudah ditetapkan dalam rapat pleno tersebut dilaporkan ke KPU RI melalui aplikasi SIDALIH.

"Bahwa kemudian DPSHP yang telah ditetapkan sebagaimana Berita Acara Nomor
008/PP.05.1.BA/078/2023 tanggal 12 Mei 2023 tentang Rekapitulasi Daftar Pemilih
Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Tingkat PPLN Kuala Lumpur disertai Data Daftar
Pemilih Sementara yang di kirim ke KPU RI tersebut merupakan data yang tidak valid dan tidak dapat dipertanggungjawabkan," tutur Jaksa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat