androidvodic.com

KawalPemilu Sebut Kemenangan Prabowo-Gibran Tak Terindikasi Kecurangan TSM, Ini Respon TKN - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Direktur Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) sekaligus Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, menanggapi hasil lembaga KawalPemilu yang telah mengelurkan hasil hitung cepat dengan kemenangan Prabowo-Gibran sebesar 38,45 persen.

KawalPemilu juga menyebut tak adanya indikasi kecurangan Pilpres 2024 yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

"KawalPemilu tak menemukan adanya kecurangan TSM. Ya memang TKN Prabowo-Gibran tidak pernah berniat berencana dan melaksanakan kecurangan-kecurangan pada Pemilu. Kami tetap tunduk, patuh pada UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu. Seluruh aturan kita pakai, apalagi kita mau ke TSM, jauh," ujar Viva kepada wartawan, Kamis (14/3/2024).

Dia mengatakan bentuk pengawasan atau monitoring dan kritik serta pemantauan bukan hanya dari Bawaslu sebagai lembaga negara.

"Tetapi juga oleh civil society, masyarakat, dan jangan lupa netizen yang tidak tidur 24 jam memantau perkembangan, ntah itu beritanya benar atau salah diupload dulu," sambungnya.

Baca juga: Kawal Pemilu Sebut Prabowo sebagai Pemenang Pilpres 2024, Anies Singgung Pra-Penghitungan Suara

Menurutnya, pihak yang menemukan indikasi kecurangan TSM dapat menempuh jalur hukum.

"Karena kalau menempuh jalur hukum itu ada nilai objektivitasnya dan bersifat imparsial artinya netral tidak memihak. Tapi kalau melalui jalur politik, melalui angket itu bersifat subyektif dan relatif, karena kepentingan politik," tuturnya.

"Jadi ketika KawalPemilu menyatakan tidak ada TSM, ya memang tidak ada kegiatan TSM. Itu hanya narasi-narasi karakter assassination kepada 02, dan proses delegitimasi politik kepada 02, buktinya tidak ada," tandas Viva.

Sebelumnya dilansir Kompas.com, Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dinyatakan menang dari hasil real count yang dihitung oleh organisasi masyarakat sipil pengawal pemilu yaitu kawalpemilu.org.

Ucapan selamat atas kemenangan ini diunggah langsung lewat akun sosial media kawalpemilu, meskipun data yang masuk belum mencapai 100 persen.

Hasil penghitungan suara REAL COUNT KawalPemilu 2024 masih tersisa 17.3 persen cakupan TPS.

Namun, tidak akan mengubah hasil penghitungan sementara.

"Oleh karena itu kami mengucapkan selamat kepada Paslon 02 yang menang satu putaran lebih dari 50 persen pada Pilpres 2024," tulis kawalpemilu.org, dikutip pada Senin (11/3/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat