androidvodic.com

Elektabilitas Cagub Potensial di Pilkada Jateng Versi 5 Survei: Muncul Nama Kaesang - News

News - Setidaknya sudah ada lima lembaga survei yang merilis hasil surveinya terkait calon gubernur (cagub) yang potensial maju di Pilkada Jateng 2024.

Adapun lima survei itu dari Proximity Indonesia, Lembaga Survey dan Poling Indonesia (SPIN), Survei Lembaga Timur Barat Research Center (TBRC), Kanigoro Network, dan yang terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Pada Minggu (30/6/2024), LSI merilis hasil surveinya dan tercatat adanya nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

Nama putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bersanding dengan nama beken lainnya yang digadang bakal menjadi cagub di Pilkada Jateng 2024 seperti Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi; mantan Wali Kota Semarang, Hendar Prihadi; hingga eks Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin.

Selengkapnya berikut hasil survei terkait elektabilitas cagub potensial di Pilkada Jateng versi lima lembaga:

Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Berdasarkan hasil survei dari LSI pada 21-26 Juni 2024 terhadap 1.200 responden, nama Kaesang dan Irjen Ahmad Luthfi berada di posisi teratas.

Direktur LSI, Djayadi Hanan menuturkan dari survei yang dilakukan pihaknya, masih ada 78 persen responden yang belum menentukan pilihan.

Namun, sisanya sudah menentukan pilihannya terhadap beberapa calon potensial seperti Kaesang, Ahmad Luthfi, hingga Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul yang merupakan Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP.

Baca juga: PDIP Tak Gentar Jokowi Dukung Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng: Kemarin Dikerjain Kami Lawan

Adapun survei itu dilakukan ketika LSI memberikan pertanyaan semi terbuka dengan menyajikan 21 nama bakal cagub di Pilkada Jateng yang beredar di media dan masyarakat.

"Kalau kita kerucutkan pertanyaan ke pertanyaan semi terbuka dengan memberi daftar 21 nama. Nama-nama ini yang beredar di masyarakat, baik di media, bakal-bakal calon ini," ujar Djayadi dalam jumpa pers secara daring yang ditayangkan di kanal YouTube LSI, Minggu (30/6/2024).

"Yang sementara unggul ini nama Kaesang Pangarep, disusul oleh Ahmad Luthfi lalu nama berikutnya Abdul Wachid, Raffi Ahmad juga ada di situ, Bambang Wuryanto (Pacul), Sudaryono, Hendar Prihadi," tambahnya.

Hasil Survei LSI

1. Kaesang Pangarep: 15,9 persen
2. Irjen Pol Ahmad Luthfi: 12,9 persen
3. Abdul Wachid: 7,8 persen
4. Raffi Ahmad 6,8 persen
5. Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul: 5,8 persen
6. Sudaryono: 4,7 persen
7. Hendar Prihadi: 4,7 persen
8. Dico Ganinduto: 3,5 persen
9. Achmad Husein: 3,4 persen
Tidak tahu/Tidak Jawab/Rahasia: 19,5 persen

SPIN

Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) di Jawa Tengah ini dilakukan pada tanggal 27 Mei-4 Juni 2024 dengan total jumlah sampel 1070 respoden dengan Margin of Error +/- 3,0 persen dengan tinkgat kepercayaan 95 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat