androidvodic.com

Ironi Sandiaga Uno: Gagal Jadi Cawapres, Gagal pula Bawa PPP Lolos Parlemen - News

News - Sosok Sandiaga Uno menjadi sorotan publik setelah PPP menjadi satu-satunya petahana yang tidak lolos ke parlemen di Pemilu 2024.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno berpindah dari Partai Gerindra ke PPP pada 14 Juni 2023 lalu.

Bahkan, saat dilantik, sosok yang juga menjabat sebagai Menparekraf Kabinet Indonesia Maju itu langsung didapuk menjadi Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP oleh Plt Ketua Umum PPP, Mardiono.

Sandiaga pun langsung masuk bursa cawapres di Pilpres 2024 dalam berbagai hasil jajak pendapat lembaga survei setelah berpindah ke PPP.

Contohnya, berdasarkan hasil survei dari lembaga survei Indikator pada Mei 2023 lalu, Sandiaga menjadi cawapres paling potensial dibanding nama beken lainnya seperti Menteri BUMN, Erick Thohir dan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Pada survei tersebut, Sandiaga berada di posisi teratas bursa cawapres 2024 dengan raihan 24,5 persen suara.

Sementara di peringkat kedua, diduduki Ridwan Kamil dengan 18,3 persen suara responden dan disusul Erick Thohir 15,3 persen.

Potensialnya sosok Sandiaga dalam bursa cawapres Pilpres 2024 juga terlihat dalam survei yang dilakukan lembaga survei Voxpol Center Research and Consulting pada Agustus 2023 lalu.

Dalam simulasi 11 nama cawapres saat itu, Sandiaga berada di peringkat teratas dengan elektabilitas mencapai 18,8 persen.

Baca juga: Sandiaga Uno Gagal Penuhi Target PPP, 19 Kursi Parlemen DPR RI Justru Melayang

Bahkan, dirinya unggul dari Menteri ATR/BPN sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang berada di peringkat kedua dengan elektabilitas 18,3 persen.

Sandiaga pun lagi-lagi unggul dari Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas 15 persen.

Sandiaga Digadang Jadi Wakil Ganjar saat PPP Putuskan Koalisi dengan PDIP

Dengan elektabilitas yang melejit saat itu, Sandiaga pun digadang menjadi cawapres Ganjar saat PPP memutuskan untuk berkoalisi dengan PDIP.

Bahkan, nama Sandiaga sempat diusulkan oleh PPP sebagai cawapres Ganjar dalam Rapimnas VI PPP pada 17 Juni 2023 lalu yang digelar di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat