androidvodic.com

Kawal Putusan MK Besok, Anies Minta Tertib, Prabowo Larang Pendukungnya Turun, Bagaimana Ganjar? - News

News, JAKARTA - Putusan sidang perselisihan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan dibacakan oleh majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (22/4/2024) besok.

Berbagai elemen masyarakat diprediksi juga akan mengawal jalanya sidang pembacaan putusan gugatan Pilpres 2024.

Meskipun belum ada keterangan dari pihak mana yang akan menggelar aksi besok, tapi polisi sudah siap melakukan penjagaan.

Tim sukses hingga pasangan calon juga menyampaikan imbauan kepada pendukungnya yang ingin turun ke jalan besok.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengimbau masyarakat yang akan melakukan aksi demonstrasi (demo) saat sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres 2024 di MK, untuk tertib dan mengikuti aturan.

Anies juga meminta para demonstran untuk menghormati sesama saat aksi unjuk rasa dilakukan.

Imbauan tersebut disampaikan Anies usai menghadiri acara halalbihalal di rumah dinas cawapresnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2024).

"Bagi siapa pun yang merasa ikut bertanggung jawab mau hadir maka hormati sesama, ikuti semua aturan, tertib, aman, damai," kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kembali mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi.

Sehingga, ia meminta massa aksi harus menghormati kebebasan berekspresi yang dijamin oleh negara.

"Ini adalah negara yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi. Karena itu, kebebasan berekspresi dihormati. Dan itu artinya menghormati sesama yang mau berekspresi," tegasnya.

Anies-Muhaimin Bakal Hadiri Sidang Putusan

Anies menyebut dirinya bersama Muhaimin berencana menghadiri sidang putusan sengketa Pilpres 2024 di MK pada Senin depan.

"Kami rencana akan hadir," katanya.

Saat disinggung soal prediksinya terkait putusan MK, Anies mengaku tak ingin berspekulasi. Ia menekankan pihaknya akan menghormati putusan MK.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat