androidvodic.com

Pilpres 2024 Selesai, Anies Sampaikan Terima Kasih ke Penyelenggara Pemilu - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

News, JAKARTA - Anies Baswedan menyampaikan rasa terima kasih kepada penyelenggara pemilu usai ditetapkannya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. 

Hal itu ia sampaikan saat ditemui di kawasan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta usai pelantikan, Rabu (24/4/2024) siang. 

Baca juga: Respons Anies Baswedan saat Disinggung Prabowo Subianto soal Senyum Berat karena Kalah Pilpres 2024

“Terima Kasih kepada orang-orang berintegritas yang menyelenggarakan pemilu kepada mereka yang berintegritas kami sampaikan terima kasih,” kata Anies.

“Dan kepada semua yang sudah bekerja yang berjuang, berjuang dengan sebaik-baiknya, berjuang dengan semulia-mulianya, kepada mereka kami sampaikan terimakasih apresiasi,” ia menambahkan. 

Baca juga: Respons Anies Baswedan saat Disinggung Prabowo Subianto soal Senyum Berat karena Kalah Pilpres 2024

Anies dan Muhaimin Iskandar merupakan peserta pilpres yang turut hadir dalam pelantikan Prabowo-Gibran. Berbeda dengan pasangan 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang tidak tampak kehadirannya di kawasan Gedung KPU RI dalam proses pelantikan. 

Anies menegaskan ihwal kehadirannya adalah untuk menghormati proses bernegara yang tengah berjalan hingga saat ini. 

Di satu sisi eks Gubernur DKI Jakarta ini menekannya banyaknya catatan-catatan dalam proses pemilu yang harus dikoreksi bersama, terkhususnya pasca-putusan Mahakam Konstitusi (MK) terkait sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU). 

“Banyak catatan-catatan dari sana yang itu merupakan salah satu kunci perbaikan mutu demokrasi kita ke depan. Berbagai macam persimpangan yang muncul di dalam MK harus menjadi perhatian untuk kita koreksi bersama-sama,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, KPU RI resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. 

Baca juga: Respons Anies Baswedan saat Disinggung Prabowo Subianto soal Senyum Berat karena Kalah Pilpres 2024

Proses penetapan digelar di Kantor KPU RI, Jakarta dan dipimpin oleh langsung Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. 

"KPU menetapkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam Pemilihan Umum 2024," kata Hasyim. 

Prabowo dan Gibran ditetapkan dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat