androidvodic.com

Resmi Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Kini Akui Anies Lawan yang Keras Saat Debat Capres - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

News, JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto mengakui kerasnya Anies Baswedan sebagai lawan debatnya selama proses debat capres yang dilangsungkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. 

Hal itu disampaikan oleh Prabowo dalam jumpa pers di Kantor KPU RI, usai ia bersama Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan KPU sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. 

Pernyataan itu ia sampaikan berbarengan dengan ucapan terima kasih terhadap lawannya, pasangan 01 Anies Baswedan Muhaimin Iskandar, dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Saya juga tadi berterima kasih kepada saudara Anies, Pak Muhaimin, walaupun di debat lumayan juga kerasnya," ujar Prabowo.

Namun di satu sisi, proses debat itu sendiri merupakan bagian dari demokrasi. Untuk jadi pemimpin menurutnya harus kuat untuk diserang hingga dihujat. 

"Tapi itu bagian dari demokrasi, kalau kita enggak kuat, diserang, dikritik, bahkan dihujat, ya jangan mau jadi pemimpin politik," ujarnya. 

Saling serang dan kritik pernyataan tak lepas menghiasi debat pilpres. Salah satu interaksi yang menonjol di antara saat Anies mengajukan pertanyaan kepada Prabowo soal hubungan etika pemimpin negara dan kemampuannya menjaga kedaulatan negara.

Merespons ini, Prabowo menyebut tiga nilai yang perlu dimiliki seorang pemimpin negara: cinta tanah air, kejujuran, dan ‘kebersihan‘. 

"Harus memberi contoh, tidak boleh korupsi dalam bentuk apapun," ujar Prabowo saat debat beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, KPU RI resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. 

Proses penetapan digelar di Kantor KPU RI, Jakarta dan dipimpin oleh langsung Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. 

"KPU menetapkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam Pemilihan Umum 2024," kata Hasyim.

Baca juga: Momen Gibran Tersenyum saat Prabowo Sebut Senyuman Anies-Muhaimin Berat Sekali

Prabowo dan Gibran ditetapkan dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat