androidvodic.com

Mengapa Prabowo-Gibran Tak Mundur dari Jabatan Menhan & Wali Kota Solo Sampai Pelantikan Presiden? - News

News, JAKARTA - Prabowo Subianto dipastikan tidak akan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan RI usai dinobatkan menjadi presiden terpilih di Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra itu akan tetap menjadi Menhan hingga pelantikan menjadi Presiden ke-8 RI pada 20 Oktober 2024 mendatang.

"Fix tidak (mundur sebagai Menhan)," kata Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024) malam.

Dasco memastikan Prabowo akan mengemban tugasnya sebagai menteri pertahanan hingga akhir kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Baca juga: Pengamat Sebut PDIP Berpotensi Jadi Mitra Pemerintah di DPR Meski Tak Masuk Kabinet Prabowo-Gibran

Ia menyebut keputusan itu juga telah melalui proses diskusi.

Lalu apa alasan Prabowo tidak mundur dari jabatan Menteri Pertahanan sampai pelantikan Presiden/Wapres pada 20 Oktober mendatang?

Menurut Dasco, dengan tetap menjadi Menhan akan mempermudah Prabowo dalam berkoordinasi dengan koleganya sesama menteri.

"Dan akan lebih mudah berkoordinasi dengan rekan-rekan sejawat kolega menteri, dalam hal koordinasi di bidang-bidang yang ada," ucap Dasco.

Tak hanya, Gibran Rakabuming Raka juga menyatakan tidak akan mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo usai ditetapkan KPU menjadi wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024.

Gibran mengatakan ingin menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Solo hingga pelantikan menjadi Wapres ke-14 RI pada Oktober mendatang.

"Ya ini kan masih lama pelantikannya. Saya rasa saya masih punya kewajiban untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang di sini," kata Gibran saat ditemui di SMK Negeri 8 Surakarta, Jumat (26/4/2024).

Gibran menegaskan ia dan Prabowo akan tetap menduduki jabatan mereka di Pemerintahan.

Baca juga: Pemerintahan Prabowo-Gibran Bakal Menguat, NasDem & PKB Diyakini Masing-masing Dapat 2 Jatah Menteri

Menurut Gibran, hal itu sesuai dengan arahan Prabowo selaku Presiden terpilih.

"Itu perintah dari Pak Presiden terpilih. Kita tetap jalankan tugas yang sekarang sampai nanti pelantikan," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat