androidvodic.com

Airlangga Sebut Semua Parpol Koalisi Indonesia Maju Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024 - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan koalisi partai pengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di Pilkada Jawa Timur (Jatim) memegang suara sebanyak 52 persen.

Airlangga mengatakan Golkar konsisten mendukung Khofifah-Emil menjadi calon gubernur-wakil gubernur Jatim.

Baca juga: Golkar Sebut PDIP Sudah Beri Dukungan Secara Lisan ke Khofifah

"Jadi Partai Golkar konsisten terhadap pasangan di Jawa Timur dan kami sudah komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju yang seluruhnya punya calon yang sama," kata Airlangga, Jumat (17/5/2024) malam.

Airlangga menyebut suara partai-partai KIM, yakni Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PAN di Jawa Timur telah mencapai 52 persen, sehingga dianggap cukup untuk memenangkan Khofifah-Emil.

"Jadi cukup, tapi kalau yang lain mau ikut boleh," tandasnya.

Sebelumnya, Partai Golkar resmi mengusung bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) petahana, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (17/5/2024).

Surat rekomendasi itu diberikan langsung kepada Khofifah dan Emil Dardak. Acara itu juga dihadiri oleh Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar.

Baca juga: Bareng Koalisi Indonesia Maju, Golkar Resmi Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jawa Timur 2024

"Kita sudah mengeluarkan surat keputusan untuk mengusung Ibu Khofifah dan Mas Emil sebagai calon gubernur Jawa Timur dan wakil gubernur," kata Airlangga.

Menko Perekonomian RI menyampaikan bahwa nantinya pasangan Khofifah-Emil akan diusung oleh koalisi Indonesia maju, yakni, partai Golkar, PAN, Gerindra, dan Demokrat.

Ia menuturkan bahwa koalisi keempat parpol itu memiliki suara di Jawa Timur sebesar 52 persen.

Dengan begitu, Khofifah-Emil sudah bisa melaju sebagai pasangan petahana.

"Kami sudah komunikasi dengan Koalisi Indonesia maju yang seluruhnya punya calon yang sama. Jadi kalau kita lihat di Jawa Timur koalisi Indonesia maju ini punya 52 persen. Jadi cukup, tapi kalau yang lain mau ikut boleh," ungkapnya.

Lebih lanjut, Airlangga menegaskan Khofifah-Emil diklaim sudah berhasil membangun Jawa Timur selama 5 tahun terakhir. Keduanya pun diminta melanjutkan untuk membenahi kemiskinan di daerah tersebut.

"Kita tidak ingin pasangan yang sangat bekerja sama baik memajukan Jawa Timur menurunkan kemiskinan ekstrim penanganan khusus yang baik jadi proven leadership untuk di Jawa Timur akan terus," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat