androidvodic.com

Komisi II DPR Minta Bawaslu Optimalkan Peran Pengawasan di Pilkada Serentak 2024 - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal, meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengoptimalkan peran dan fungsinya pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada Serentak 20224.

Menurutnya pengawasan merupakan satu aspek penting dalam penyelenggaraan Pilkada 2024.

"Penyelenggaraan Pemilu ini akan kehilangan legitimasinya kalau Bawaslunya tidak optimal," kata Syamsurizal kepada wartawan Kamis (23/5/2024).

Syamsurizal menyebut, untuk menciptakan pemilihan umum (Pemilu) yang berkualitas, Bawaslu memiliki peran penting dalam mewujudkan hal itu.

"Karena itu peran Bawaslu ini sangat menentukan untuk dapat menentukan legitimasi penyelenggaraan pemilu dan keabsahan sebuah pemilu," ucapnya.

Baca juga: Jadi Penjabat Ketua Umum PBB Pengganti Yusril, Fahri Bachmid Ingin Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Sehingga, lanjut Syamsurizal, Komisi II DPR akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Bawaslu untuk mengawasi seluruh tahapan Pilkada 2024.

"Karena ini mengeluarkan dana besar. Oleh karena itu kita patut mendudukkan dan kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada Bawaslu," ujar dia.

Baca juga: Komisi II DPR Setujui Dua Rancangan PKPU Tentang Pilkada Serentak 2024

Syamsurizal menambahkan, kinerja KPU dapat berjalan baik jika peran dan fungsi Bawaslu berjalan sesuai koridornya.

"KPU bisa berjalan dengan baik kalau pengawasannya betul-betul dapat kita wujudkan dan itu adalah peran dari Bawaslu," pungkas Syamsurizal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat