androidvodic.com

Pilkada Sumbar, Ketua Umum PB HMI 2021-2023 Raihan Ariatama Masuk Bursa, Ini Analisa Pengamat - News

News, JAKARTA - Jelang digelar Pilkada Sumatera Barat (Sumbar), sejumlah nama mulai bermunculan, menyiapkan diri berlaga di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Satu di antaranya adalah Raihan Ariatama, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 2021-2023 .

Akhir pekan lalu, ia menunjukkan keseriusannya dengan mengikuti proses penjaringan dan penyaringan di Partai Gerindra.

Nama Raihan kini berjejer bersama tiga tokoh lain, yakni Epyardi Asda, Ganefri dan Vasko Ruseimy sebagai bakal calon Gubernur Sumbar 2024 dari Partai Gerindra.

Raihan menuturkan, dorongan kepadanya untuk maju sebagai pemimpin di kampung halaman datang dari berbagai pihak. Dorongan itu muncul sejak 2023 lalu.

Saat itu, dorongan untuk maju di Pilgub Sumbar datang dari rekan-rekannya di HMI. Hanya saja, saat itu ia belum mengamini seruan untuk maju, lantaran masih memimpin dan menakhodai PB HMI.

"Sebetulnya dorongan ini sejak lama, sebelum saya selesai di PB HMI, dorongan itu sudah muncul, lebih kurang April 2023, akan tetapi karena saya masih menjabat, etikanya saya selesaikan dulu, baru bicara yang lain, hingga saya menyelesaikan tugas pada Desember 2023," kata Raihan.

Raihan menjelaskan, selama ini ia memang banyak beraktivitas di DKI Jakarta, namun tidak bisa dipisahkan juga dengan daerah asal.

Pria 31 tahun yang lahir di Bukittinggi ini menyebut, meskipun ia berkarir di nasional, dorongan juga datang dari rekan-rekannya di Sumbar.

"Bagaimanapun saya besar dan lahir di Sumatera Barat, dan karena berkarir di nasional, banyak juga teman-teman di Sumatera Barat yang menyoroti sebagai individu atau kelompok organisasi yang sama dengan saya. Dari teman-teman tersebut banyak sekali dorongan saya ikut kontestasi Pemilihan Gubernur Sumatera Barat 2024," ujar Raihan.

Pengamat politik sekaligus advokat dari 2Indos, Khalid Akbar mengatakan perkembangan pemberitaan media yang memunculkan generasi millenial pada pusaran bacagub Sumatera Barat, di antaranya Yuliandre Darwis, Fadly Amran, Zigo Rolanda dan termasuk Raihan Ariatama sebagai pemimpin alternatif beberapa hari belakangan ini, itu patut diapresiasi.

"Karena jika pemuda-pemuda minang sudah dipercaya, diperbincangkan dan digaungkan untuk memimpin teritorial Provinsi, berarti telah terjadi 'Progresivitas Berfikir Politik' pada masyarakat minang di Sumatera Barat," ujarnya kepada News, Minggu (2/6/2024) kemarin.

Khusus Raihan, kata Khalid, langkah-langkah politiknya jangan hanya menjadi safari politik yang kosong isi dan pertunjukan seminar dialektika yang kosong makna.

"Raihan Ariatama sebagai insan cita yang mengemban misi keumatan dan kebangsaan harus membuktikan kepada para stakeholder penting yang akan mempengaruhi elektabilitasnya pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 bahwa dirinya berjuang untuk Sumatera Barat," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat