androidvodic.com

Ray Rangkuti: FPI Masih Punya Pengaruh di Pilkada Jakarta 2024, Tapi Tak Sebesar Tahun 2017 Silam - News

Laporan Wartawan News Rahmat W Nugraha

News, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani, Ray Rangkuti menilai Front Pembela Islam (FPI) yang kini berganti nama menjadi Front Persaudaraan Islam masih memiliki pengaruh di Pilkada Jakarta 2024.

Meski begitu menurutnya pengaruh tersebut tak sebesar pada Pilkada 2017 silam.

“Tentunya tetap punya pengaruh, hanya saja menurut saya berbanding dengan Pilkada 2017 yang lalu, pengaruhnya tidak terlalu besari,” kata Ray dihubungi Rabu (12/6/2024).

Ia lalu menjelaskan mengapa dampak FPI begitu besar di Pilkada Jakarta 2017, karena ditopang Prabowo Subianto.

“Sebetulnya tahun 2017 itu, mengapa pengaruhnya begitu besar karena ditopang oleh Prabowo,” kata Ray.

Sekarang mantan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab, kata Ray sudah beda jalan dengan Prabowo.  

“Sehingga mungkin pengaruhnya tidak akan lebih besar dari tahun 2017 yang lalu. Mungkin juga modal untuk mempengaruhi publik tidak sebesar tahun 2017,” kata Ray.

“Karena tahun 2017 salah satu faktor yang meningkatkan pengaruhnya di Jakarta karena Ahok salah ucap.  Kalau Pilkada kali ini saya kira penggunaan simbol agama akan jauh berkurang,” lanjutnya.

Ray juga meyakini jika Anies Baswedan kembali maju di Pilkada Jakarta 2024. FPI akan mendukung mantan gubernur Jakarta tersebut.

“Kalau itu linear (Dukung) kalau Anies maju, FPI bisa dipastikan akan dukung dia (Anies),” tegasnya. 

Sebelumnya Mantan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq Shihab (HRS) telah secara resmi bebas murni dari segala hukum dan aturan yang menjeratnya.

Saat ditanyakan soal ada atau tidaknya rencana terdekat untuk kembali berpengaruh di dunia politik mengingat dalam waktu dekat akan dilakukan Pilkada serentak, Rizieq enggan menanggapi secara jauh.

Dirinya hanya berharap dalam kesempatan ini bisa kembali bertemu dengan para awak media yang melontarkan pertanyaan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat