androidvodic.com

Airlangga Hartarto: Golkar Siapkan Putri Akbar Tandjung di Pilkada Solo - News

News, JAKARTA - Partai Golkar telah menyiapkan nama kadernya untuk bertarung di Pilkada Solo atau Surakarta.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa partainya mendorong Sekar Tandjung yang merupakan putri dari Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tandjung untuk maju di Pilwalkot Surakarta.

“Pilkada di Solo itu ada putrinya Akbar Tandjung, disiapkan oleh Partai Golkar, Sekar Tandjung, masih muda juga,” kata Airlangga usai Salat Iduladha di Masjid DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Senin, (17/6/2024).

Sebelumnya sejumlah nama santer disebutkan berpotensi maju di Pilwalkot Surakarta.

Mereka di antaranya Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, lalu Adipati Mangkunegara X, kemudian putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep.

Selain itu juga ada putra politisi PDIP Aria Bima RA Yashinta, Ketua DPRD Kota Surakarta Budi Prasetyo, dan putra politisi FX Hadi Rudyatmo Rheo Fernandes.

Sebelumnya diberitakan Tribunnews, pengamat politik sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Suwardi mengatakan bahwa Pilkada Solo akan memiliki dua kekuatan politik.

Pertama yakni sumbu Pucangsawit dan sumbu Sumber. Pucangsawit merupakan nama kelurahan di Kota Solo di mana Ketua DPC PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, tinggal. Sumbu Pucangsawit merepresentasikan kekuatan PDIP.

Baca juga: Tunggu Arahan Gibran di Pilkada Solo 2024, Relawan: Mas Gibran Bilang Merah, Kami Merah

Sementara, Sumber merupakan kelurahan tempat di mana kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Sumbu Pucangsawit dimotori PDIP, yang satu sumbu Sumber yang lebih banyak turunan kekuatan politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres 2024," ungkap Suwardi dalam program dialog Overview Tribunnews, Kamis (13/6/2024).

Suwardi berujar, berdasar hasil Pileg, PDIP memiliki kursi besar di DPRD Kota Solo, yaitu 20 kursi.

"Sementara Koalisi Indonesia Maju kalau bergabung, itu kira-kira memiliki kekuatan yang besar pula," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat