androidvodic.com

Soal Pilihan KIM di Pilgub DKI 2024, Pengamat: Hanya Ridwan Kamil yang Elektabilitasnya Setara Anies - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menilai, Anies Baswedan akan lebih unggul dari Ridwan Kamil, jika mantan Gubernur Jawa Barat itu ikut berkompetisi di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Jamil mulanya menilai, kesediaan Anies Baswedan maju kembali pada Pilgub Jakarta 2024 akan memaksa Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung Ridwan Kamil maju di Jakarta.

"KIM akan melakukan hal itu karena hanya Ridwan Kamil dari KIM yang memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi. Popularitas dan elektabilitas kandidat lainnya masih terlalu jauh untuk menandingi Anies," kata Jamil, saat dihubungi News, pada Senin (17/6/2024).

Oleh karena itu, Jamil mengatakan, KIM mau tidak mau harus mengusung Ridwan Kamil maju di Pilgub Jakarta 2024. Hal itu dikarenakan hanya Ridwan Kamil yang popularitas dan elektabilitasnya setara dengan Anies. 

Terlebih, kedua sosok ini juga sama-sama punya kapasitas yang mumpuni.

Baca juga: Respons Anies soal Ridwan Kamil Bakal Jadi Tandingannya di Pilkada Jakarta 2024

Selain itu, Jamil menuturkan, KIM tampaknya akan memilih Ridwan Kamil maju di Jakarta daripada menempatkannya di Jawa Barat. Sebab, KIM tampak ingin menguasai Jakarta.

"Selain tentunya tak ingin Anies punya akses politis lagi. Hal itu akan membahayakan KIM pada tahun 2029," ucapnya.

Ia menambahkan, kalau Ridwan Kamil maju di Jakarta, Anies tentunya akan punya lawan tanding sepadan. 

"Meskipun harus diakui, Anies sedikit lebih unggul karena sebagai pertahana," katanya.

Oleh karena itu, katanya, siapapun yang menang diantara dua sosok itu akan ditentukan dua hal, yaitu cawagub yang dipilih dan mesin politiknya.

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Ridwan Kamil akan mendengarkan pertimbangan-pertimbangan yang disampikan kepadanya dalam maju di Pilkada 2024.

Hal itu disampikan Airlangga merespons partai koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusulkan RK maju di Pilkada Jakarta.

"Ya pertama pak RK adalah Waketum Partai Golkar. Jadi tentu pak RK akan mendengar pertimbangan yang ada," kata Airlangga usai Salat Iduladha di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Senin, (17/6/2024).

Baca juga: Soal Kemungkinan Reuni Kembali dengan Sandiaga di Pilkada Jakarta, Begini Kata Anies Baswedan 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat