androidvodic.com

Anies Dinilai Tak Tertarik Dipasangkan dengan Kaesang, Pengamat: Hanya Lucu-lucuan Saja - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Wacana Anies Baswedan akan dipasangkan dengan Kaesang Pangarep di Pilgub DKI Jakarta 2024 tengah ramai menjadi perbincangan publik.

Pengamat politik Adi Prayitno menilai, munculnya wacana tersebut hanya untuk melihat seberapa besar partai politik yang ingin berkoalisi untuk mengusung Anies-Kaesang.

Baca juga: Respons PKB Soal Ganjar Sebut PDIP Tak Perlu Paksakan Usung Anies di Pilgub Jakarta

"Soal Kaesang, bagi saya Kaesang ini hanya ya lucu-lucuan saja, testing the water yang tertarik berkoalisi dengan Anies ya," kata Adi, saat dihubungi News, pada Selasa (18/6/2024).

Menurut Adi, mazhab politik mantan Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu juga berbeda.

"Rasanya enggak ketemu antara elite dan grass road pendukung Kaesang dengan pendukung Anies Baswedan. Ini bagaikan dua kutub yang bertabrakan satu sama yang lain," ucapnya.

Baca juga: Demokrat Tolak Wacana Duet Anies-Kaesang di Pilkada Jakarta 

Bahkan, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu menilai, ada kecenderungan Anies Baswedan tidak tertarik untuk dipasangkan dengan Kaesang. Hal itu menurutnya tampak dari jawaban Anies saat ditanya mengenai wacana dirinya akan berpasangan dengan putra Presiden Jokowi tersebut.

"Dan ada kecenderungan Anies juga tidak tertarik dengan Kaesang. Buktinya ketika Anies ditanyakan soal kemungkinan duet dengan Kaesang, Anies justru menjawab dengan hal lain, mengurus Jakarta lebih penting, warga Jakarta lebih penting dan seterusnya, itu kan bentuk penolakan, kalau Anies enggak tertarik dengan Kaesang," jelas Adi Prayitno.

Lebih lanjut, Adi justru mengatakan, Kaesang lebih cocok jika berpasangan dengan Ridwan Kamil (RK) di Pilgub DKI Jakarta. Namun, hal tersebut perlu melihat juga soal jadi atau tidaknya RK berkontestasi di Jakarta.

"Jadi sebenarnya secara iman politik, Kaesang itu lebih cocok jika bersandingan dengan RK. Itupun kalau RK mau maju di Jakarta. Karena saya lihat Golkar dan RK itu lebih mau maju di Jawa Barat," kata Adi.

"Justru Kaesang lah mestinya yang diusung dalam Pilgub Jakarta melawan Anies, jangan Ridwan Kamil. Itu opsi kalau RK maju di Jawa Barat, maka KIM (Koalisi Indonesia Maju) mestinya usung Kaesang maju melawan Anies di Jakarta," tambahnya.

Wacana duet Anies-Kaesang mengemuka setelah disampaikan Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas.

Baca juga: PKS Ingin Kader Internal Jadi Calon Wagub di Pilgub Jakarta Jika Anies Calon Gubernurnya

Hal ini setelah PKB DKI mengumumkan mendukung Anies sebagai calon gubernur Jakarta 2024.

Hasbiallah mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan PSI untuk menduetkan Anies dengan Kaesang.

"Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI. Siapapun kita terbuka," kata Hasbiallah kepada wartawan, Rabu (12/6/2024).
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat